Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat (Sudinkes Jakbar) bekerja sama dengan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) memberikan protein hewani berupa olahan ikan kepada sejumlah anak di delapan Kecamatan di Jakbar untuk mencegah stunting.

Kepala Sudin Kesehatan Jakbar Erizon Safari di Jakarta, Rabu, mengatakan mengatasi masalah stunting yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak ini menjadi fokus utama Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat.

“Besok pagi Wali Kota  launching Gemar makan ikan (Germani) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat,”kata Erizon.

Erizon mengungkapkan program Germani ini merupakan langkah-langkah konkret yang diambil oleh Pemkot Jakbar untuk mengatasi stunting dan meningkatkan kesehatan generasi muda dengan memberikan stimulus makanan ikan yang diberikan kepada anak-anak.

“Kami sudah melakukan kerja sama dengan beberapa CSR seperti PAM Jaya dan lainnya untuk membantu memberikan protein hewani untuk anak-anak yang gizi nya perlu perhatian,” ungkap Erizon.

Erizon menambahkan pada kegiatan Germani untuk menghadapi stunting, berdasarkan data pada 2022 angka stunting balita di wilayah Jakarta Barat sebesar 15,2 persen. Maka dengan diberikannya anak-anak makanan seperti bakso ikan, siomay, dan makanan yang berbahan ikan lainnya dapat meningkatkan kualitas gizi.

“Menangani masalah stunting ini menjadi program nasional dan ini menjadi program inisiatif kami untuk meningkatkan kualitas gizi,”tambah Erizon.

Selain itu, Erizon menegaskan sejalan dengan target nasional pada 2024 angka kasus stunting di bawah 14 persen, DKI Jakarta dapat berkontribusi positif untuk itu karena penanganan stunting adalah tanggung jawab bersama dan melibatkan seluruh masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak secara sehat.

“Untuk di Jakarta Barat ini kami menargetkan zero stunting penambahan kasus baru dengan intervensi penambahan protein hewani kalaupun ada tetap kami tangani,”ucap Erizon.

Baca juga: Apindo dukung penurunan prevalensi stunting nasional jaga kualitas SDM

Baca juga: Istri anggota DPR RI sampaikan pesan menu Megawati mengatasi stunting

Baca juga: Harganas 2022 tekankan gotong royong dalam mengatasi kekerdilan


Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023