Timika (ANTARA) - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menghadirkan sistem digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah ini.

Kepala dinas koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Petrus Yumte di Timika, Rabu, mengatakan pihaknya menyiapkan aplikasi UKM Mimika yang dapat dipergunakan oleh para pelaku UMKM dalam memasarkan produk lokal khas daerah ini.

"Kami berupaya memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM Mimika dengan menghadirkan aplikasi ini sebagai pasar digital," katanya.

Menurut Petrus, tujuan dari hadirnya aplikasi ini akan memperluas pasaran, di era teknologi saat ini UMKM harus mampu menyesuaikan diri dengan situasi yang sedang berkembang hari-hari ini.

"Melalui aplikasi UKM Mimika ini para pelaku UMKM dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dan banyak, ini merupakan suatu langkah maju," ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini pasar sudah semakin canggih melalui teknologi moderen, untuk itu pemerintah berupaya memberikan wadah bagi pelaku UMKM untuk dapat memasarkan produk lokal ke masyarakat luas di luar Mimika.

"Saat ini sistem pembelian dan pengiriman sudah memiliki akses yang lebih mudah, untuk itu maka sudah saatnya produk lokal dipasarkan lebih luas lagi melalui aplikasi ini," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan menjangkau pasar yang lebih luas dengan pelanggan yang bervariasi maka dapat mendorong para pelaku usaha untuk menciptakan produk inovasi baru .

"Mari para pelaku usaha di Mimika, ambil peluang usaha yang ada dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi UMKM karena kemajuan teknologi juga dapat berdampak positif jika kita mempergunakannya dengan baik," ujarnya.

Baca juga: PON Papua ajang perkenalan UMKM Mimika dengan transaksi digital




 

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023