Proyek Strategis Nasional telah berjalan satu windu dan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa platform teknologi informasi Bhumi - GTRA mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Proyek Strategis Nasional telah berjalan satu windu dan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat. Salah satunya melalui showcase Bhumi - GTRA untuk mendukung proyek - proyek PSN," ujar Hadi dalam acara Sewindu PSN yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Rabu.

Hadi mengatakan, dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia, pemerintah melakukan percepatan upaya proyek-proyek yang dianggap strategis dan memiliki urgensi tinggi untuk dapat direalisasikan dalam kurun waktu yang singkat.

"Sebagai bentuk pelaksanaan akselerasi reforma agraria, kami menginisiasi suatu platform Bhumi - GTRA yakni teknologi informasi geospasial tematik Reforma Agraria yang mengakomodir pengintegrasian antara penataan aset dan penataan akses melalui Bhumi - GTRA," katanya.

Baca juga: Menteri ATR: GTRA harus meningkatkan perekonomian rakyat berkelanjutan

Dampak positif transformatif reformasi agraria dapat terlihat secara geospasial baik dari sektor sosial, ekonomi, maupun lingkungan.

Bhumi - GTRA memudahkan akses informasi serta penggunaan data terkait reforma agraria bagi kementerian/lembaga negara yang tergabung Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

Informasi yang disajikan dalam Bhumi - GTRA di antaranya penguasaan dan kepemilikan lahan, penilaian tanah, peruntukkan dan penggunaan tanah.

Kemudian pemanfaatan dan pengembangan tanah, informasi pertanahan termasuk tanah obyek Reforma Agraria, pemberdayaan tanah masyarakat dan penataan akses.

Informasi ini dapat diakses oleh seluruh tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) baik pusat, daerah sampai dengan tingkat kabupaten/kota sebagai acuan data.

Baca juga: Menteri ATR: GTRA untuk percepat penyelesaian hambatan Reforma Agraria

Platform aplikasi ini juga menyajikan informasi geospasial tematik terkait pengembangan IKN Nusantara dan informasi proyek PSN lainnya yang dapat diakses melalui Bhumi - GTRA seperti jalan tol, bendungan sampai dengan irigasi.

Dalam kesempatan yang sama, Hadi juga melaporkan hasil pertemuan puncak Gugus Tugas Reforma Agraria pada tahun ini telah menghasilkan Deklarasi Karimun yang disepakati oleh para menteri terkait.

"Kementerian dan lembaga negara siap bekerja sama untuk menghancurkan tembok egosektoral yang selama ini menghambat reforma agraria," katanya.

Rumusan Hasil Deklarasi Karimun berisi rencana aksi secara luas yang menyebutkan bahwa peserta GTRA Summit Karimun 2023 berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan legalisasi aset permukiman di atas air, pulau-pulau kecil dan pulau-pulau kecil terluar.

Lalu menyelesaikan konflik agraria pada aset BMN/BMD, BUMN/BUMD yang dikuasai oleh masyarakat, menyelesaikan permasalahan tanah transmigrasi, serta menyelesaikan permasalahan redistribusi tanah yang berasal dari pelepasan kawasan hutan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023