Potensi hujan ringan diprakirakan terjadi siang hingga malam hari di sebagian wilayah NTB
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) cerah hingga hujan ringan pada akhir pekan kedua September 2023.

"Cuaca di wilayah NTB tanggal 14-16 itu cerah hingga hujan ringan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Zaenudin Abdul Majid Lombok, M Pradana, dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Kamis.

Hujan ringan pada musim kemarau 2023 di wilayah NTB berpotensi terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Lombok Barat, Lombok Utara, Sumbawa Barat dan Bima. Sedangkan cuaca cerah diprakirakan di Kabupaten Lombok Timur, Sumbawa dan Dompu diprakirakan cuaca cerah.

"Potensi hujan ringan diprakirakan terjadi siang hingga malam hari di sebagian wilayah NTB," katanya.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan kekeringan kategori Siaga & Awas di NTB

Sebelumnya BMKG mengeluarkan peringatan kekeringan meteorologi meluas di beberapa wilayah NTB menuju periode puncak musim kemarau Agustus 2023.

Peringatan dini kekeringan meteorologis pada level Awas terdapat di Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Utara di Kecamatan Bayan dan Kabupaten Sumbawa di Kecamatan Utan.

Sedangkan level Siaga antara lain terdapat di Kabupaten Dompu pada Kecamatan Dompu, Huu, Kempo, Kilo, Manggalewa, Pajo, Woja, Kemudian di Kabupaten Bima padai Kecamatan Belo, Bolo, Donggo, Lambitu, Lambu, Madapangga, Palibelo, Sanggar, Sape, Soromandi, Wawo dan Kota Bima di Kecamatan Raba Rasanae Timur.

Sementara Level waspada antara lain terdapat di Kabupaten Lombok Tengah di Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Timur di Kecamatan Sikur dan Terara, serta Kabupaten Sumbawa di Labangka, Moyo hulu.

Baca juga: BMKG: Waspada puncak musim kemarau di NTB

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023