Jakarta (ANTARA) -
Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi mengatakan massa aksi buruh yang berdemo di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, menuntut pemerintah menjaga lapangan kerja di sektor kesehatan.
 
"Di Undang-Undang Kesehatan yang kami baca, akan banyak tenaga medis masuk ke Indonesia dan mengisi posisi kebutuhan tenaga kerja kesehatan. Artinya WNI akan mempunyai kesempatan yang sempit terhadap lowongan-lowongan bidang kesehatan," kata Supriadi ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Menurutnya hari ini sebanyak 5.000 buruh akan mengikuti demo, yang berasal dari Jakarta, Bandung, Karawang, Purwakarta, Cimahi, dan 300 buruh dari Jawa Timur.
 
Selain terkait Undang-Undang Kesehatan, buruh juga menuntut pencabutan Undang-Undang Omnibus Law yang dinilai mengurangi hak pekerja hingga 80 persen.
 
"Dengan kluster ketenagakerjaan, UU Omnibus Law membuat pekerja kontrak jadi tidak berbatas waktu. Semua bisa terus jadi pekerja kontrak dari masa ke masa," kata Supriadi.
 
Saat ini terpantau massa aksi buruh tersebar di berbagai titik.
 
Ratusan massa aksi mulai melakukan long march menuju Sarinah, sementara sebagian massa aksi yang lain langsung menuju ke depan gedung Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
 
Setelah long march, massa aksi buruh akan berkumpul di depan gedung MK dan berorasi di sana.
 
Supriadi berharap nantinya Mahkamah Konstitusi dapat menerima sebanyak mungkin delegasi buruh yang akan menyampaikan tuntutan mereka.
 
Polres Metro Jakarta Pusat telah melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) mulai pukul 09.00 WIB di sejumlah ruas jalan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta.
 
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin di Jakarta, Kamis, mengatakan Jalan Medan Merdeka Barat akan dialihkan, di mana kendaraan yang datang dari arah selatan atau Jalan MH. Thamrin akan dialihkan menuju ke arah Medan Merdeka Selatan dan Budi Kemuliaan.
 
Adapun kendaraan yang melintas di Jalan Merdeka Utara diarahkan ke Jalan Majapahit. Sedangkan kendaraan yang berasal dari arah utara diputar ke Jalan Tomang dan Juanda.

Baca juga: Polisi terapkan rekayasa lalu lintas saat demo buruh di Patung Kuda

Baca juga: Anggota DPR sarankan pemerintah beri subsidi buruh tani saat kemarau

Baca juga: Kapolda Metro Jaya sebut tidak ada buruh yang diamankan

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023