Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) menargetkan meraih medali emas di cabang olahraga equestrian pada Asian Games 2022 Hangzhou, China, yang akan berlangsung 23 September hingga 8 Oktober.

Dalam kejuaraan olahraga terbesar se-Asia itu, Pordasi pada edisi tahun ini hanya mengirimkan satu atlet equestrian atas nama Bryan Brata-Coolen yang akan bertanding di nomor jumping.

"Targetnya (di Asian Games) tentu medali emas, mudah-mudahan tercapai. Persiapan saat ini memang Bryan dan kudanya telah berada di Belanda (menjalani pemusatan latihan) selama satu tahun terakhir," kata Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano seusai pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pordasi Equestrian 2023 di Jakarta Equestrian Park, Jakarta, Kamis.

Triwatty mengatakan kuda yang akan digunakan Bryan untuk bertanding di Asian Games 2022 direncanakan dikirim ke China pada 27 September.

"Memang kami akan ikut mengirimkan atlet ke Hangzhou. Kami mengirimkan satu atlet jumping. Saat ini atletnya Bryan sudah menjalani pemusatan latihan di Belanda. Mudah-mudahan tanggal 27 September ini kudanya sudah terbang dari sana (Belanda) menuju ke China," ungkap Triwatty.

Baca juga: Menpora dorong Pordasi kembangkan berkuda ke arah sport tourism

Meski mengirimkan satu atlet, Triwatty mengungkapkan nomor perlombaan yang diikuti Bryan menjadi salah satu nomor yang berpotensi mampu memberikan medali bagi Indonesia di Asian Games 2022.

"Mohon doa dan restunya dari seluruh masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan meski kita hanya mengirimkan satu kuda dan satu atlet (di Asian Games 2022), tapi semoga kita mampu membawa medali karena memang ini menjadi salah satu nomor yang menurut saya berpotensi meraih medali," kata Triwatty.

Dilansir dari laman resmi Asian Games, dalam ajang ini cabang olahraga equestrian akan mempertandingkan enam nomor perlombaan dan memperebutkan enam medali emas.

Cabang olahraga equestrian dijadwalkan akan mulai dipertandingkan pada 26 September hingga 6 Oktober yang berlangsung di Tonglu Equestrian Centre, Hangzhou, China.

Baca juga: Atlet berkuda Victoria Lee siap bersaing di Kejurnas equistrian
Baca juga: Pemenang EPO 2023 diharapkan mampu bersaing di ajang equestrian dunia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023