Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan (Kasudinsos Jaksel) Bernard Tambunan mengatakan penyaluran bantuan sosial (bansos) cadangan beras pemerintah (CBP) tahap kedua di wilayah tersebut menyasar 45 ribu keluarga penerima manfaat (KPM).

“Penyaluran CBP tahap dua tahu ini akan diberikan kepada 45 ribu KPM se-Jakarta Selatan,“ kata Bernard yang dihubungi di Jakarta.

Bernard menyampaikan beras yang disalurkan kepada warga kurang mampu di daerah tersebut berasal dari pengadaan Perum Bulog dan merupakan program Presiden Joko Widodo.

Dia mengatakan bahwa penyaluran bansos beras dilakukan di Kantor Pos Indonesia wilayah Jakarta Selatan. Penyaluran akan dilakukan secara bertahap karena keterbatasan armada, namun akan dimaksimalkan demi membantu ekonomi para penerima manfaat.

Bernard menjelaskan penyaluran bansos tahap dua ini akan diperuntukkan selama tiga bulan mulai September hingga November 2023. Dalam penyalurannya, para KPM akan menerima 10 kilogram beras.

“Beras itu dari Bulog langsung merupakan program presiden, setiap KPM akan dikasih 10 kilogram,” kata dia.

Bernard menambahkan jumlah data penerima manfaat masih akan berubah dalam tiga bulan ke depan karena sewaktu-waktu ada KPM pindah domisili, keluar dari kemiskinan bahkan meninggal dunia.

“Yang namanya perubahan data itu pasti ada, karena ada yang meninggal, pindah, dan ada yang menjadi kaya raya,” kata dia.

Di tempat terpisah, Kepolisian Sektor (Polsek) Mampang mengawasi penyaluran bansos beras kepada 621 KPM di Kantor Pos Cabang Mampang, Jakarta Selatan.

Kapolsek Mampang Kompol David Y. Kanitero menyebut sebanyak delapan personel diturunkan untuk mengamankan dan menjaga agar beras tersalurkan dengan aman dan tertib tanpa ada berebutan antar penerima manfaat.

Dalam pendistribusian bantuan tersebut, Polsek Mampang bekerjasama dengan Kepala Unit Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Kanit Bimnas), Provos, Bhayangkara Pembina Keamanan, dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mengamankan penyaluran bantuan tersebut.

David mengatakan bantuan beras yang berisi masing-masing 10 kilogram dibagikan kepada 621 keluarga yang telah terdaftar di 5 RW Kelurahan Kuningan Barat.

“Kalau tadi saya lihat sih rata-rata lansia kemudian ada tukang parkir, kemudian ada ibu-ibu yang bawa balita,”kata David.

Ia menambahkan, ada dua kelurahan lain yang akan melaksanakan pendistribusian beras bantuan yaitu di Kelurahan Pela Mampang dan selanjutnya di Kelurahan Tegal Parang.

Baca juga: Kepulauan Seribu-Dinsos DKI distribusikan Bansos PKD ke ratusan KPM

Baca juga: Pemprov DKI perkuat bansos untuk kurangi beban masyarakat tak mampu

Baca juga: Pengamat harap SKPD alokasikan bansos sesuai visi-misi kepala daerah

 

Pewarta: Widi Andini Shufi
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023