Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia U-24 Asian Games 2022 Indra Sjafri telah mengumumkan 22 nama pemain terpilih untuk dibawa ke pesta olahraga yang akan diselenggarakan di Hangzhou, China 23 September sampai 8 Oktober nanti.

Dari 22 nama yang dibawa, enam di antaranya adalah skuad timnas U-23 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong yang baru saja mencatatkan sejarah karena pertama kali lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk edisi 2024 di Qatar. Enam pemain itu adalah Daffa Fasya, Rizky Ridho, Dony Tri Pamungkas, Alfeandra Dewangga, Ramadhan Sananta, dan Titan Agung.

Empat klub yaitu Persija Jakarta, Persib Bandung, PSIS Semarang, dan Borneo FC menjadi klub yang menyumbang pemain terbanyak dengan tiga pemain untuk timnas U-24 Asian Games 2022.

Dari Persija ada Rizky Ridho, Dony Tri Pamungkas, dan Syahrian Abimanyu. Lalu dari Persib ada Robi Darwis, Rachmat Irianto, dan Beckham Putra. Dari kubu PSIS ada Adi Satrio, Haykal Alhafiz, dan Alfeandra Dewangga. Lalu terakhir dari Borneo ada Daffa Fasya, Muhammad Taufany, dan Hugo Samir.

Baca juga: PSSI harap klub segera lepas pemain untuk perkuat timnas

“Kami telah melakukan pembicaraan dengan pelatih klub-klub di Indonesia. Negosiasi itu juga berjalan baik dan kita membawa 22 pemain. Kami menyadari Asian Games bukan agenda FIFA. Itu sebabnya kami mengambil langkah terbaik berdiskusi dengan pelatih-pelatih klub untuk mencari win win solution,” kata Indra Sjafri tentang perizinan pemain dari klub untuk memperkuat timnas U-24 Asian Games 2022, demikian dilansir dari laman resmi PSSI, Jumat.

Sementara itu, Sekjen PSSI Yunus Nusi menyadari bahwa klub-klub Indonesia membutuhkan para pemainnya yang kini dipanggil timnas untuk berlaga di Liga 1 2023/2024 yang kini sedang akan memasuki pekan ke-12. Oleh karena itu, pihaknya mengambil langkah win win solution terkait pemanggilan pemain-pemain dari klub untuk memperkuat timnas di Asian Games yang notabennya bukan agenda FIFA.

“Tetapi, timnas Indonesia juga membutuhkan pemain-pemain tersebut untuk segera bergabung. Solusinya akan ada pemain yang menyusul untuk bergabung ke Tiongkok setelah bertanding bersama klub mereka di akhir pekan ini,” kata Yunus Nusi.

Baca juga: Erick Thohir berterima kasih kepada klub-klub yang lepas pemain timnas
Baca juga: Shin Tae-yong pahami kendala klub dalam melepas pemain timnas


Untuk cabang olahraga sepak bola Asian Games 2022 akan berlangsung mulai 19 September hingga 8 Oktober.

Tergabung di Grup F bersama Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan, Indonesia akan mengawali laga pertama dengan menjamu Kirgistan pada Selasa (19/9), lalu China Taipei pada Kamis (21/9), dan terakhir Korea Utara pada Minggu (24/9). Skuad Garuda sendiri akan berangkat ke China pada Jumat (15/9) malam.

Daftar 22 pemain timnas Indonesia untuk Asian Games 2022:

1. Daffa Fasya - Borneo FC
2. Ernando Ari - Persebaya Surabaya
3. Adi Satrio - PSIS Semarang
4. Andy Setyo - Persikabo 1973
5. Rizky Ridho - Persija Jakarta
6. Kadek Arel - Bali United
7. Haykal Alhafiz - PSIS Semarang
8. Dony Tri Pamungkas - Persija Jakarta
9. Bagas Kaffa - Barito Putera
10. Robi Darwis - Persib Bandung
11. Alfeandra Dewangga - PSIS Semarang
12. Rachmat Irianto - Persib Bandung
13. Ananda Raehan - PSM Makassar
14. Beckham Putra - Persib Bandung
15. Syahrian Abimanyu - Persija Jakarta
16. Muhammad Taufany - Borneo FC
17. George Brown - Persebaya Surabaya
18. Hugo Samir - Borneo FC
19. Ramai Rumakiek - Persipura Jayapura
20. Egy Mulana Vikri - Dewa United
21. Ramadhan Sananta - Persis Solo
22. Titan Agung - Bhayangkara FC.

Baca juga: Exco PSSI: Timnas U-24 Asian Games 2022 akan tampilkan skuad terbaik
Baca juga: Pengamat nilai situasi kondusif jadi kunci timnas raih prestasi


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023