Ada cabai yang gede-gede, merah, gitu
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memuji inovasi produk-produk pertanian yang dihasilkan Institut Pertanian Bogor (IPB) karena sudah dikemas dan mendapatkan sentuhan pemasaran sangat baik.

"Ada macam-macam (produk pertanian) dengan kemasan-kemasan yang sudah sangat modern, dengan brand yang sangat kelihatan sekali digarap dengan sentuhan marketing yang sangat bagus," kata Jokowi dalam Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 IPB di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Setibanya di IPB, Jokowi diajak oleh Rektor IPB Arif Satria untuk melihat produk-produk inovasi pertanian yang dihasilkan mahasiswa kampus tersebut.

"Saya tadi waktu masuk sudah ditunjukkan oleh pak rektor banyak sekali inovasi-inovasi yang menghilirkan, hilirisasi dari inovasi bisa masuk ke industri, dan saya harus menyampaikan apa adanya, luar biasa," kata Jokowi.

Jokowi sempat melihat cabai hingga beras yang berkualitas.

Baca juga: Rektor IPB Perkenalkan inovasi pangan ke Presiden Jokowi

"Ada cabai yang gede-gede, merah, gitu; ada apa, beras yang khusus untuk lahan-lahan tandus, beras yang satu hektarnya bisa menghasilkan berapa tadi, 12 ton; ada garam; rumput laut," jelasnya.

Jokowi pun meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mengambil sebanyak-banyaknya beras dan cabai produksi mahasiswa IPB untuk dibagi-bagikan kepada para petani.

"Ini, Pak Menteri Pertanian, yang beras tadi, diambil itu; yang cabai gede-gede juga diambil, berikan ke petani sebanyak-banyaknya. Barangnya jelas sekali," kata Jokowi ke Yasin Limpo.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan selamat Dies Natalis yang ke-60 kepada keluarga besar IPB. Dia mendoakan IPB semakin jaya dan kontributif dalam memecahkan permasalahan bangsa dan untuk kemajuan bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri Dies Natalis ke-60 IPB University

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga/Andi Firdaus
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023