Jakarta (ANTARA News) - Mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Susno Duadji, terlihat santai saat sebelum menandatangani berita acara pelaksanaan putusan eksekusi sambil melahap nasi bungkus yang disediakan oleh jaksa.

Hal tersebut terlihat di dalam rekaman suasana setelah Susno Duadji menyerahkan diri, dari sumber di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat.

Di dalam rekaman berdurasi sekitar dua menit itu, terlihat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Didiek Darmanto duduk di sebelah Susno Duadji sedangkan Plh Kejaksaan Negeri (Kejari) Jaksel Amir Yanto duduk di seberang Susno Duadji.

Di atas meja, terlihat botol-botol air mineral, minuman penambah energi.

Susno Duadji yang mengenakan kemeja putih itu sambil makan ngobrol-ngobrol dengan Kajati DKI Jakarta sembari sesekali tertawa.

Wajahnya tidak menunjukkan ketegangan, dia terlihat santai menikmati suasana sebelum penandatanganan serah terima pelaksanaan eksekusi.

Sebelumnya pada Kamis (2/5) sore sekitar pukul 14.30 WIB, Jaksa Agung Basrief Arief menerima kedatangan tamu bernama Untung Sunaryo yang mengaku sebagai penasihat hukum keluarga Susno.

"Untung menyampaikan bahwa Pak Susno bersedia melaksanakan eksekusi hanya oleh eksekutor yang ditunjuk langsung oleh Jaksa Agung, tentu saya menyambut baik yang disampaikan hal tersebut," kata Basrief.

Jaksa Agung akhirnya menunjuk Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta dan plh Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Selatan (Jaksel) kepada kedua pejabat tersebut disampaikan rencana eksekusi tersebut.

"Tidak ada satu pun yang tahu dan mereka dipersilahkan mengambil jaksa eksekutor dan jumlahnya tidak lebih dari empat orang dan langsung dibawa ke Lapas Kelas II A Cibinong, sesuai permintaan Pak Susno terdahulu," kata Basrief.

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013