Kendari (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan melalui Srikandi BUMN, Kementerian BUMN ingin menciptakan lingkungan kerja yang inklusif bagi siapa saja tanpa memandang gender atau latar belakang lainnya.

Keterangan resmi yang diterima di Kendari, Jumat, menyebutkan, Eric Thohir menargetkan pada tahun 2023 ini sebanyak 25 persen direksi BUMN berasal dari kaum perempuan.

Untuk itu, kata Erick pada kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, berbagai program telah disiapkan, mulai dari penjaringan talenta hingga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi perempuan.

"Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus ini menjadi kesempatan yang baik bagi kalian semua untuk dapat mengenal lebih dekat peran penting BUMN dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa serta mengeksplore bagaimana kalian bisa berkontribusi bersama BUMN," kata Menteri BUMN itu.

Pada kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus di Kendari ini, bertindak sebagai koordinator adalah PT Surveyor Indonesia yang merupakan anak perusahaan ID Survey.

Sementara itu, Ketua Srikandi BUMN, Tina T Kemala Intan mengatakan kegiatan ini sebagai bagian dari amplifikasi kemajuan BUMN dalam percepatan pembangunan berkelanjutan (SDGs) baik di dalam internal perusahaan dan peran sebagai "agent of change" di masyarakat.

"Agent of change" ini dilakukan dengan meningkatkan peran kepemimpinan perempuan di dunia usaha dan pemberdayaan perempuan sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia maupun mendorong pertumbuhan berkelanjutan.

"Terima kasih kepada PT Surveyor Indonesia yang sudah menyelenggarakan kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo, Kendari hari ini. Semoga para mahasiswi dan mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini," katanya.
 
Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari (Antara/HO)

Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia Lussy Ariani Seba menjelaskan bagaimana BUMN mendorong kesetaraan gender serta kesempatan untuk setiap karyawan dari berbagai latar belakang untuk berkarya di BUMN. Kesetaraan gender ini juga menjadi tujuan SDGs nomor lima.

"Dalam rangka efektifitas pengelolaan dan pengembangan karyawan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan individu, diperlukan suatu sistem terpadu, terstruktur dan terintegrasi untuk memastikan business sustainability melalui talent management. Ini yang dilakukan di Surveyor Indonesia," katanya.

Sesuai arahan Menteri BUMN, dengan berbagai talent management tersebut, peran perempuan dalam meningkatkan bisnis Perseroan juga terus meningkat.

"Saat ini PT Surveyor Indonesia juga tengah berupaya menciptakan lingkungan kerja yang saling menghargai, keberagaman, tidak ada diskriminasi dan kekerasan," pungkas wanita yang juga menjabat sebagai Anggota Bidang Kajian Perempuan di Srikandi BUMN itu.

Dengan berbagai upaya tersebut, Lussy yakin peran BUMN dalam meningkatkan ekonomi nasional akan semakin meningkat.

Baca juga: Srikandi BUMN inspirasi mahasiswa UNS jadi pemimpin cemerlang

Program SDGs di PTSI juga diperjelas oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli. Dia memaparkan dalam pemberdayaan masyarakat, PTSI juga mengandalkan program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Program CSR yang dijalankan PTSI ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga bisa membantu mengurangi kemiskinan, seperti yang menjadi salah satu tujuan SDGs," tambah dia.

Kegiatan Srikandi BUMN Goes To Campus juga diapresiasi oleh Rektor Universitas Halu Oleo, Prof Muhammad Zamrun Firihu. Dia menjelaskan, dewasa ini perempuan-perempuan Indonesia sudah merambah di segala profesi mulai dari presiden, gubernur, bupati, rektor, sampai pemimpin partai dan lainnya.

Artinya perempuan Indonesia itu sudah sangat hebat-hebat, seperti yang sudah di cita-citakan oleh Raden Ajeng (RA) Kartini sekarang sudah mulai terwujud yakni yang memperjuangkan emansipasi wanita.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada srikandi BUMN yang sudah memilih kampus hijau itu menjadi salah satu tujuan sosialisasi bagaimana agar peran-peran BUMN di Indonesia untuk mengawal pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah," katanya.

Selain mereka, Srikandi BUMN Goes To Campus ini juga menampilkan nara sumber di antaranya Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli, Direktur Keuangan, Administrasi, dan Manajemen Risiko PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Sinung Triwulandari, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah, Direktur Operasi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Reni Wulandari, dan Vice President Corporate Communication and Corporate Social Responsibility Indonesia Power, Aryati.

BUMN yang hadir pada kesempatan ini yaitu PT Surveyor Indonesia, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Pegadaian, PT Antam, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dan Indonesia Power juga memberikan sejumlah bantuan kepada universitas antara lain: pelatihan Awareness Halal dan Awareness TKDN dari Surveyor Indonesia, Sustainability Acceleration Program: Mangrove Center of Excellence dari Antam, pelatihan awareness Dekarbonisasi dari BKI, serta doorprize menarik berupa tabungan emas, laptop, dan lainnya.

Selain itu, Telkomsel juga memberikan bantuan layanan dan solusi digital bagi kampus dalam bentuk peningkatan kualitas internet di empat titik lokasi UHO.

Diharapkan melalui kegiatan ini, mahasiswa makin mengenal peran BUMN dalam mendukung program pemerintah dalam mencapai tujuan berkelanjutan dan mengajak universitas mengambil peran aktif di dalamnya melalui pengetahuan, inovasi, dan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Srikandi BUMN buka peluang generasi muda jadi Insan Bulog
Baca juga: BRI ajak mahasiswa Universitas Airlangga gabung BUMN
Baca juga: Erick Thohir ajak generasi muda perempuan jadi pegawai BUMN

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023