kepemimpinan perempuan bukan hanya sebuah pilihan, melainkan juga suatu keharusan
Jakarta (ANTARA) - BUMN bidang ritel, properti, dan perdagangan, PT Sarinah melalui Srikandi BUMN mengajak mahasiswi Universitas Tarumanagara (Untar) untuk berperan aktif sebagai pemimpin perempuan dan pemimpin muda.

"Kepemimpinan perempuan di Indonesia masih harus lebih ditingkatkan," ujar Direktur Utama dan Internasional Bisnis PT Sarinah, Fetty Kwartati dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Menurut data, ia menyampaikan proporsi CEO perempuan Indonesia, terlepas dari ukuran perusahaannya, hanya sebesar 15 persen.

"Hal ini membuat kepemimpinan perempuan bukan hanya sebuah pilihan, melainkan juga suatu keharusan," katanya dalam program Srikandi BUMN Goes To Campus bertema "Women and Young in Leading Company, Why Not?" di Auditorium Gedung Utama, Universitas Tarumanagara.

Dalam setiap langkah kepemimpinan, menurutnya, perempuan membawa keunikan, kepekaan, dan visi sehingga mampu menciptakan transformasi berarti dalam bisnis dan masyarakat.

Baca juga: Srikandi BUMN ajak mahasiswa jadi pemimpin perempuan berkualitas
Baca juga: Srikandi BUMN: Perempuan berpeluang duduki jabatan strategis di BUMN


Rektor Universitas Tarumanagara, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng., saat menjadi pembicara kunci menyampaikan acara BUMN Goes to Campus sangat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran interaktif bagi mahasiswa.

"Kami juga berharap ke depannya Untar dan Sarinah dapat berkolaborasi untuk terus mengembangkan program pendidikan yang aplikatif kepada mahasiswa kami," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Keuangan, Administrasi dan Manajemen Risiko PT Sarinah Albert Aulia Ilyas menyampaikan generasi muda memiliki energi, gagasan segar, dan kemampuan untuk membawa perubahan positif ke dalam perusahaan.

"Di Sarinah sendiri, 24 persen level manajerial di Sarinah adalah milenial. Hal ini membuktikan bahwa generasi muda berdampak positif dalam membantu Sarinah untuk bertransformasi," katanya.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Ritel PT Sarinah, Selfie Dewiyanti menambahkan Sarinah sebagai pengelola retail space di seluruh lokasi milik anggota holding BUMN aviasi dan pariwisata tentunya memerlukan lebih banyak pemimpin muda dan pemimpin wanita yang unggul dan kreatif.
 
"Itu agar kita dapat membangun ekosistem ritel dengan pengalaman berbelanja yang menyenangkan di seluruh destinasi wisata dan airport di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H menyangkut kehadiran Sarinah sebagai mitra strategis akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan program mahasiswa.

"Kami yakin kerja sama ini akan membuka jalan bagi pengalaman berharga dan peluang karier yang menjanjikan bagi para mahasiswa," ujarnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023