Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan bahwa gelaran Bazar UMKM untuk Indonesia yang diselenggarakan di Sarinah, Jakarta Pusat merupakan momentum untuk memperluas pasar para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar lebih berkembang.

"Melalui kegiatan ini kita mau mendukung perluasan pasar UMKM, sehingga memberikan harapan pada para pelaku UMKM," kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting di Sarinah, Jakarta Pusat pada Jumat.

Loto mengatakan, Bazar UMKM yang digelar mulai 30 November hingga 3 Desember 2023 ini diisi oleh ratusan UMKM binaan perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang Kuliner, Kriya, Fesyen, dan Kecantikan.

Adapun jumlah UMKM dari Pelindo sebanyak 89 UMKM, sedangkan dari BRI sebanyak 130 UMKM.

Menurut dia, proses seleksi atau kurasi bagi UMKM terbaik yang mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam kegiatan bazar antara lain merupakan UMKM dengan omzet tertinggi, frekuensi/trafik transaksinya tertinggi, maupun UMKM dengan kriteria kreatif yang dinilai oleh masing-masing BUMN.

Ke depan, Kementerian BUMN akan memberikan apresiasi serta melakukan evaluasi setelah acara bazar UMKM berakhir agar penyelenggaraannya semakin berkualitas.

Selain itu, penyelenggaraan Bazar UMKM juga akan diperluas di sejumlah kota yakni Bandung, Medan, Balikpapan, Bali, Makassar, Labuan Bajo dan Jayapura

Loto juga menyampaikan apresiasi kepada Pelindo, BRI, dan Sarinah telah turut serta membantu kegiatan agar UMKM semakin maju.

"Harapannya nanti di tahun 2024, di bazar yang pertama, kami akan umumkan siapa penyelenggara bazar terbaik di tahun 2023 ini," katanya.

Ia menambahkan, bazar UMKM yang dilakukan secara bergilir oleh sejumlah perusahaan BUMN dengan menghadirkan UMKM binaan unggulan, tidak hanya menjadi sarana bagi para UMKM untuk memperluas pasar baik secara luring maupun daring melalui platform digital PaDi UMKM, tetapi juga menambah pembeli business to customer (B2C), serta business to business (B2B).

Baca juga: Bazar UMKM milik perempuan untuk Indonesia diselenggarakan di Sarinah
Baca juga: Pelajar SMK antusias ikuti bazar UMKM di Kota Tua
Baca juga: Indonesia selesai ikuti bazar di Bangkok untuk promosikan UMKM

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023