Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memfasilitasi sebanyak 82 usaha mikro dan kecil (UMK) binaan berpartisipasi pada Bazar UMKM untuk Indonesia edisi Desember 2023 yang diselenggarakan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

Acara yang berlangsung pada Kamis (30/11) hingga Minggu (3/12) tersebut menjadi panggung bagi 82 UMK bagian dari program gedor ekspor Pelindo untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka.

"Partisipasi UMK binaan Pelindo dalam bazar ini adalah komitmen nyata kami bersama Kementerian BUMN untuk mendukung pembangunan berkelanjutan baik dari segi ekonomi maupun sosial. Bazar ini tidak hanya menjadi ajang memperluas pasar tetapi juga sebagai wadah bagi UMK untuk mengenalkan produk-produk unggulan mereka," kata Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra di Jakarta, Sabtu.

Sementara, Department Head TJSL Pelindo Febrianto Zenny mengatakan pemilihan UMK binaan Pelindo di acara Bazar UMKM Untuk Indonesia edisi Desember 2023 telah disiapkan sejak awal tahun melalui program inkubasi usaha pandu gedor ekspor. Melalui program itu, Pelindo memfasilitasi pelatihan dan pengembangan UMK sehingga berorientasi ekspor.

"Gerakan dorong ekspor UMK merupakan salah satu program perusahaan yang berfokus untuk membina UMKM agar siap untuk memasarkan produknya ke mancanegara, di mana saat ini telah terdapat 100 UMKM yang telah dikurasi dan diseleksi sebagai UMKM terbaik perusahaan yang menjadi pilihan utama untuk diikutsertakan dalam kegiatan bergengsi seperti Bazar UMKM Untuk Indonesia edisi Desember 2023 ini," kata dia.

Namun tidak hanya ekspor, perusahaan juga membantu pemasaran produk UMKM yang sudah dibina di pasar lokal melalui pembuatan sentra penjualan produk UMKM binaan perusahaan di Kantor Pelindo Tower yang diberi nama local pride spot.

"Local pride spot akan menjadi etalase produk UMKM binaan perusahaan terbaik yang dapat diakses dan dibeli langsung oleh karyawan Pelindo, gerai yang akan di buka bulan Desember tahun ini di Pelindo Tower Jakarta juga direncanakan akan di buka di beberapa lokasi lain seperti Surabaya, Bali, dan Labuan Bajo," ungkapnya.

Sebelumnya, pada pembukaan Bazar UMKM Untuk Indonesia edisi Desember 2023, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan komitmen Kementerian BUMN dalam mendukung produk-produk UMKM dengan pengadaan vending machine khusus yang menjual produk-produk UMKM di Kantor Kementerian BUMN.

"Adanya vending machine ini sekaligus mendorong karyawan Kementerian BUMN untuk membeli produk-produk UMKM sebagai bentuk dukungan terhadap produk-produk lokal UMKM. Ke depan vending machine yang menjual produk-produk UMKM tersebut juga ditargetkan ada di seluruh Kantor BUMN, stasiun kereta, dan lain-lain," ujar Arya.

Adapun, Bazar UMKM Untuk Indonesia edisi Desember 2023 diikuti 218 UMKM yang terdiri dari produk kuliner, kecantikan, kriya, dan fesyen.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023