Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyerahkan bantuan pertanian dan perikanan guna menjaga ketahanan pangan dan menekan inflasi untuk warga di Kabupaten Bintan.

"Kita ingin memastikan di Kepri semua ketersediaan bahan pangan dari pertanian bisa terpenuhi, juga menjaga agar inflasi bisa terus ditekan dengan menjamin tersedianya kebutuhan pokok," kata Gubernur Ansar Ahmad usai penyerahan bantuan di Aula Kantor Bupati Bintan, Jumat.

Adapun bantuan pertanian yang diserahkan ke 41 kelompok tani ini terdiri dari 160 sachet benih cabai merah, 350 sachet benih cabai merah besar, 17,25 ton pupuk NPK, 14.200 liter pupuk organik, 220 roll media tanam plastik mulsa, 3.000 batang bibit kelapa, 300 sachet benih padi, 13 unit hand traktor, 3 unit pompa air, dan 4 unit kultivator. Ada juga bantuan peternakan berupa 10 ekor bibit sapi betina.

Lalu, bantuan perikanan yang diberikan adalah bubu ketam sebanyak 2.500 buah dan kawat bubu sebanyak 60 gulung untuk lima kecamatan di Kabupaten Bintan.

Selain itu, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan pangan beras untuk 6.907 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Bintan.

Setiap KPM menerima beras 10 kilogram per bulan selama tiga bulan, sehingga bantuan pangan untuk Kabupaten Bintan sebesar 207.210 ton beras.

Baca juga: Gubernur Kepri jamin Batam aman dan nyaman bagi turis

Bantuan pangan ini merupakan kolaborasi lintas stakeholder bersama Perum BULOG untuk penugasan, kantor pos sebagai distributor, dan pemerintah daerah yang melakukan pengawasan.

"Kami harap bantuan beras ini bisa meringankan beban masyarakat dan uang untuk membeli beras bisa dialihkan ke kebutuhan lain yang lebih bermanfaat," ujar Gubernur Ansar.

Sementara, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemprov Kepri untuk Kabupaten Bintan.

Menurut dia, bantuan pertanian ini sangat membantu kelompok tani di Bintan meningkatkan produktivitas mereka.

"Kami yakin bantuan yang diberikan pemerintah provinsi bisa digunakan secara maksimal untuk kemandirian pangan di Kabupaten Bintan," ucap Roby Kurniawan.

Baca juga: Gubernur Kepri: APBD Perubahan 2023 fokus pada peningkatan ekonomi

Pewarta: Ogen
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023