Kendari (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, mengatakan belum mengusulkan lintasan pengoperasian kapal baru yakni KMP Oputa Yi Koo yang  baru selesai pembuatannya di Semarang, Jawa Tengah.

"Jadi nanti kalau misalnya kapal Oputa Yi Koo diserahkan ke ASDP untuk dioperasikan, kami akan meminta petunjuk ke pemerintah daerah dalam hal  ini provinsi, di lintasan mana yang direkomendasikan untuk dilayani kapal itu," ujar General Manager PT ASDP Cabang Baubau, Jamaluddin, di Baubau, Jumat.

Pemberian nama KMP "Oputa Yi Koo" merupakan nama satu-satunya Pahlawan Nasional Sulawesi Tenggara yang resmi di keluarkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2021 lalu.

Awalnya, ia mengatakan, pembangunan kapal Oputa Yi Koo itu penempatannya di trayek Kasipute-Tanjung Pishing-Tondasi (Bombana-Muna Barat), cuma yang mungkin menjadi permasalahan sekarang di lintasan tersebut sudah terlayani oleh kapal swasta.

"Sebenarnya pembangunannya (kapal) itu untuk lintasan Kasipute-Tanjung Pising- Tondasi, tapi saat ini sudah terlayani oleh swasta dan tidak mungkin satu subsidi dua kapal, sehingga kami berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Sultra dan BPTD dan kami dipersilahkan untuk mengusulkan lintasan alternatif," katanya.

Namun, lanjut Jamaluddin, pihaknya sampai saat ini belum mengusulkan secara resmi lintasan alternatif untuk kapal Oputa Yi Koo tersebut, karena kapal itu juga belum diserahkan pemerintah ke ASDP.

"Rencana tahun ini diserahkan dan kami sudah mendapat surat dari Dirjen Perhubungan bahwa kapal tersebut operatornya adalah ASDP. Jadi kalau sudah diserahkan ke ASDP, lintasannya kami akan minta petunjuk ke pemda provinsi Sultra," ujar mantan General Manager ASDP Cabang Selayar.

Dengan akan masuknya kapal berkekuatan diatas 500 GT (gros tonase) di ASDP Cabang Baubau itu sehingga akan menambah jumlah armada yang dikelola ASDP Baubau menjadi 14 armada dengan melayani 15 lintasan.

Adapun ke 15 lintasan itu yakni, lintasan Baubau-Waara, Tampo-Torobulu, Labuan-Amolengu, Kendari-Langara, Baubau-Kadatua-Siompu, Raha-Pure, Baubau-Dongkala, Dongkala-Mawasangka, Mawasangka-Dongkala-Kasipute, Baubau-Tolandona, Kamaru-Wanci, Wanci-Kaledupa, Kaledupa-Tomia, dan lintasan Tomia-Binongko.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023