Saat ini untuk stok beras di Gudang Kota Ternate sebanyak 1.200 ton
Ternate (ANTARA) - Perum Divisi Regional (Divre) Bulog Ternate, Maluku Utara (Malut), menjamin stok beras di gudang di Kota Ternate maupun di Gudang Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara  aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga awal tahun 2024.

"Saat ini untuk stok beras di Gudang Kota Ternate sebanyak 1.200 ton, sedangkan untuk di Gudang Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, 200 ton, sehingga masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sepuluh kabupaten/kota di Malut," kata Kepala Bulog Ternate, Zadrach Evert Pattiwael di Ternate, Jumat.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi dari Bulog, guna mengantisipasi dampak kenaikan harga beras saat ini makin naik di tingkat pasaran.

Dia mengatakan, kami akan mengusulkan penambahan stok beras sebanyak 2.500 ton, sehingga bisa menjangkau kebutuhan masyarakat hingga tiga bulan di awal Tahun 2024 mendatang.

Kepala Bulog Ternate, menjelaskan pada 1 September 2023 kemarin, harga beras baik beras jenis medium maupun premium sudah naik.

"Untuk harga beras jenis medium, yang sebelumnya Rp10.200 per kg, kini naik menjadi Rp11.800 per kg, sementara untuk harga beras jenis premium yang sebelumnya harga Rp.13.000 per kg, kini naik Rp.13.500 per kg,"ujar Zadrach.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait serta Satgas Pangan untuk bersama - sama mengawasi harga di pasaran.

Dia menyatakan, langkah itu sebagai upaya menekan inflasi di daerah, sehingga tidak berdampak kepada masyarakat.

Sebelumnya, Bulog Ternate, bekerja sama dengan Pemprov setempat menyalurkan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam bentuk bantuan pangan beras kepada Penerima Bantuan Pangan (PBP) di sepuluh kabupaten dan kota di provinsi kepulauan ini.

Baca juga: Bulog Ternate menjamin stok beras aman hingga 4 bulan mendatang

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023