STC adalah prospek untuk memajukan Kabupaten Sarmi ke depan sehingga ini juga akan menjadi contoh untuk daerah lain di Papua
Jayapura (ANTARA) - Dewan Adat Kabupaten Sarmi, Papua mendukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawaaih (STC) yang akan berlangsung di daerah itu pada 19-23 September 2023.

Sekertaris Dewan Adat Kabupaten Sarmi Adrianus Sewanso di Jayapura, Jumat, mengatakan dengan adanya penyelenggaraan STC maka potensi yang dimiliki daerah itu bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Menurut Sewansono, penyelenggaraan STC diharapkan membawa dampak positif untuk kemajuan negeri berjuluk 1.001 ombak tersebut.

"STC adalah prospek untuk memajukan Kabupaten Sarmi ke depan sehingga ini juga akan menjadi contoh untuk daerah lain di Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarmi yang bekerja keras hingga ajang tersebut bisa terlaksana.

Sementara itu, perwakilan perempuan Adat Sarmi Paulina Tromowey mengatakan pihaknya berharap agar penyelenggaraan STC tidak hanya menjadi ajang yang seremonial tetapi melalui momen itu bisa melihat dan mengangkat produk yang dihasilkan oleh perempuan di daerah itu.

"Seperti terfo (selendang) yang dibuat oleh perempuan Sarmi dan makanan khas dari lima suku besar di Kabupaten Sarmi juga perlu diperkenalkan," katanya.

Dia menambahkan diharapkan juga pelaksanaan STC bisa membuka peluang ekonomi bagi perempuan adat Sarmi tetapi juga mempromosikan produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Ketua Pemuda Adat Sarmi Esau Saweri mengharapkan agar nantinya yang ditonjolkan selama penyelenggaraan STC ialah budaya Sarmi terutama tarian dan makanan khas dari masyarakat adat setempat.

"Kami harap agar panitia bisa memperhatikan hal ini agar lewat momen STC membawa dampak ekonomi dan kemajuan Kabupaten Sarmi ke depan," katanya.

Baca juga: Pelaku UMKM Biak siapkan produk usaha untuk dijual pada STC 2023

Baca juga: Pelaku usaha perempuan Papua bantu sukseskan Sail Teluk Cenderawasih

Baca juga: Peninggalan perang dunia II di Biak potensial jadi tujuan wisata STC

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023