Keandalan listrik merupakan kunci sukses penyelenggaraan ajang tersebut.
Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat sukses menghadirkan listrik tanpa kedip selama pelaksanaan Festival Negeri Seribu Ombak di Kabupaten Sarmi, Papua pada19-23 September 2023, sehingga berlangsung aman dan lancar dengan dukungan sistem kelistrikan yang andal.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Selasa, mengatakan keandalan listrik merupakan kunci sukses penyelenggaraan ajang tersebut.

Menurut Budiono, persiapan yang dilakukan salah satunya melakukan pengamanan pasokan listrik secara berlapis dengan sistem zero down time di area festival yang dilaksanakan di Telaga Cemara Holmafen.

"Kami bersyukur acara dapat berjalan lancar dan sesuai rencana tanpa adanya hambatan berarti, dan dari sisi kelistrikan kami berusaha maksimal untuk menjaga keandalan dengan menerjunkan 30 personel untuk mengamankan kelistrikan," katanya pula.

Dia menjelaskan dalam mendukung gelaran acara tersebut, pihaknya memasok listrik yang akan disuplai melalui sistem Sarmi dengan daya mampu 3.800 kilowatt (kW) sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan yang tidak dapat dihindari.

"Selain itu peralatan pendukung seperti dua unit uninterruptible power supply (UPS) yang masing-masing memiliki kapasitas 100 kVa dan 30 kVa serta 1 unit genset berkapasitas 100 kVa," ujarnya.

Dia menambahkan, semangat PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat menghadirkan listrik tanpa kedip pada titik yang kritikal tidak berhenti sampai di sini, tetapi juga berkomitmen untuk terus menjaga keandalan kelistrikan bagi masyarakat di seluruh Tanah Papua.

Penjabat Bupati Sarmi Markus Mansnembra mengatakan pelaksanaan festival tersebut menjadi langkah awal untuk mendorong kemajuan Kabupaten Sarmi menjadi salah satu daerah kaya akan hasil alam dan lautnya.

"Sinergi yang terjalin antara pemerintah daerah dan berbagai pihak membuat acara berlangsung sukses dengan antusiasme masyarakat yang besar," katanya pula.

Dia menambahkan Festival Negeri Seribu Ombak berjalan sangat lancar, salah satunya karena jaringan listrik yang dibangun oleh PLN sehingga pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Sarmi menyampaikan terima kasih atas dukungan kelistrikan selama pelaksanaan ajang tersebut.

"Semoga ke depan sinergi antara pemerintah dan PLN terus berlanjut dan bisa membantu perkembangan daerah," ujarnya.
Baca juga: Festival Negeri 1.000 Ombak Sarmi rangkaian kegiatan STC Biak

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023