Pemkab Biak Numfor melalui Disperindag, Dinas Koperasi, organisasi pengusaha Kadin, IWAPI dan HIPMI untuk mengajak pelaku UMKM OAP memanfaatkan perhelatan STC Biak sebagai tempat pemasaran hasil produk usaha
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menyiapkan beragam produk usaha untuk dijual pada kegiatan Sail Teluk Cenderawasih Biak (STC) pada 1-7 November 2023.

"Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan mengajak organisasi pengusaha Kadin, IWAPI dan HIPMI terus mendorong pelaku usaha orang asli Papua dapat memanfaatkan STC Biak sebagai ajang penjualan produk UMKM," kata Kepala Disperindag Biak Numfor Yubelius Usior menanggapi kesiapan pelaku usaha OAP menjual produk UMKM di STC, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini sudah banyak produk UMKM Biak Numfor yang dihasilkan untuk dijual seperti sagu, kue kering, sambal ikan, ikan asap julung, kopi, aneka keripik dan minyak goreng kelapa.

Sedangkan produk UMKM lainnya, lanjut Usior, usaha fashion baju, aneka hiasan rumah tangga, topi mahkota pria, hiasan kepala perempuan Asis, tikar, tas inakson/noken dan beragam kerajinan tangan dari kulit kerang, kelapa, tikar dari akar daun.

"Pemkab Biak Numfor melalui Disperindag, Dinas Koperasi, organisasi pengusaha Kadin, IWAPI dan HIPMI untuk mengajak pelaku UMKM OAP memanfaatkan perhelatan STC Biak sebagai tempat pemasaran hasil produk usaha," katanya.

Salah satu pelaku usaha OAP Okto Kawer mengaku sudah memproduksi berbagai hiasan rumah dan handicraft.

"Melalui Galeri Manggundi saya sudah menyiapkan aneka macam hiasan rumah tangga untuk dijual pada STC Biak," sebut Okto.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Biak Numfor Matheus Karubaba mengajak, pelaku UMKM OAP dapat meningkatkan hasil produk usaha untuk dijual di arena STC Biak pada 1-7 November 2023.

"Kadin bersama dinas terkait di lingkungan Pemkab Biak Numfor terus berkomitmen membina pelaku UMKM OAP supaya lebih mandiri memanfaatkan peluang usaha saat STC," ajak Karubaba.

Pada kegiatan STC Biak pada 1-7 November 2023 akan dilaksanakan berbagai kegiatan pariwisata, perikanan, Pertanian, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pameran UMKM dan kuliner serta ekspor hasil perikanan dan kelautan dari Biak Numfor,Sarmi, Waropen dan Kabupaten Yapen Kepulauan.

Baca juga: Mensos bantu berdayakan jualan noken warga Biak Numfor jelang STC

Baca juga: Pelaku usaha perempuan Papua bantu sukseskan Sail Teluk Cenderawasih

Baca juga: Peninggalan perang dunia II di Biak potensial jadi tujuan wisata STC

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023