Biak (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Biak Numfor, Papua melibatkan kelompok petani dan peternak orang asli Papua (OAP) dalam menyediakan pangan murah pada Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak 2023.

"Pangan murah yang disediakan untuk warga Biak merupakan hasil produksi dari petani dan peternak OAP di berbagai kampung," ujar Pelaksana Tugas Kadis Pertanian Ketahanan Pangan Biak Numfor Immanuel Naap SP di Biak,Sabtu.

Ia menyebut, hasil pertanian warga OAP seperti buah semangka, bawang merah, tomat, cabai, aneka jenis sayur mayur, dan telur ayam dijual di bawah harga pasar.

Sebagai contoh untuk harga bawang merah, menurut Immanuel, dijual di pameran STC sebesar Rp35 ribu/kg, sedangkan di pasar Rp45 ribu.

Sementara untuk telur ayam lokal dijual Rp65 ribu/rak berisikan 30 butir dan di pasar Rp75 ribu/rak, sedangkan buah semangka dijual Rp15 ribu/kg dibanding di pasar Rp25 ribu/kg.

Baca juga: Basarnas siagakan 40 personel terlatih selama STC Biak

Baca juga: STC 2023 diharapkan kenalkan potensi Papua ke level internasional

Baca juga: Presiden Jokowi: Biak bisa jadi hub ekspor langsung produk perikanan


"Karena ini hasil produk petani dan peternak OAP dari Biak maka harga jualnya murah di bawah harga pasaran," sebut Manu, sapaan akrab Kadis Pertanian Biak.

Salah satu petani OAP Bonasi Rumanasen mengaku sangat bangga bisa menjadi petani yang ikut menyediakan pangan murah untuk warga Biak Numfor di ajang pameran STC.

"Hasil tanaman petani OAP seperti bawang merah, cabai, tomat dan sayur mayur dijual murah di bawah harga pasar selama STC Biak," ujar Bonasi didampingi pendamping Yayasan Bina Tani Sejahtera Oktari.

Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun yang mengunjungi pameran pangan murah STC Biak langsung memborong sejumlah pangan lokal untuk diberikan kepada warga Biak yang hadir di sekitar lokasi stan Dinas Pertanian.

"Melalui pameran UMKM produk pangan murah dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di Biak Numfor," kata Pj Gubernur Ridwan Rumasukun.
 
Penjabat Gubernur Papua M.Ridwan Rumasukun membeli pangan murah produk petani orang asli Papua di Sail Teluk Cenderawasih Biak, Sabtu (25/12/2023).ANTARA/Muhsidin

Pewarta: Muhsidin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023