Biak (ANTARA) - Kabupaten Waropen, Papua mengandalkan potensi kepiting dan beras sebagai produk unggulan pada pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC) Biak, Papua.

"Pada pameran STC Biak kami membawa 7.000 ekor kepiting sudah habis dibeli pengunjung," kata Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi dalam keterangan di Biak, Minggu.

Lamek menyebut, untuk sisa satu hari pameran STC akan dimanfaatkan menjual produk perikanan lainnya seperti udang dan sektor pertanian beras.

Untuk beras produksi Waropen, menurut Lamek, kualitasnya sangat bagus dan pulen.

"Petani warga OAP di Kabupaten Waropen terus meningkatkan tanaman padi di lahan seluas 100 hektare," katanya.

Ia mengaku, di era pemerintah Presiden Joko Widodo sangat memperhatikan kebutuhan pembangunan di Papua, salah satunya dukungan Sail Teluk Cenderawasih Biak.

Dia berharap, melalui  STC dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di Biak terutama pada potensi kemaritiman dan perikanan, ekonomi dan pariwisata daerah.

Pelaksanaan STC Biak 21-27 November 2023 dengan berbagai kegiatan strategis nasional yakni ekspor hasil perikanan, diplomatik tour, pameran UMKM, pentas seni hiburan budaya adat Saereri.

Serta temu bisnis pengusaha nasional dengan pelaku usaha Papua dan temu bisnis ekonomi investasi.

Hingga H+6 tingkat kunjungan wisatawan di lokasi STC pada Minggu masih lancar meski bersamaan waktu ibadah Minggu bagi jemaat Kristiani.

Sedangkan empat kabupaten penyelenggara STC 2023 yakni Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara untuk tema kegiatan STC Biak 2023 adalah "Memantapkan kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik" serta tagline Torang Hebat!

Pewarta: Muhsidin
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023