Inovasi itu penting, tetapi lebih penting ialah inovasi itu berdampak kepada masyarakat.
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar optimistis bisa meraih hasil positif dari survei dampak smart city yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Makassar Ismawaty Nur, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, mengatakan program-program inisiasi dari Smart City Makassar betul-betul memberikan dampak positif bagi masyarakat, sehingga dirinya pun optimistis dapat memperoleh hasil baik dari survei tersebut.

"Inovasi itu penting, tetapi lebih penting ialah inovasi itu berdampak kepada masyarakat. Semoga dengan rapat ini dapat menuai hasil positif. Intinya kolaborasi," katanya.

Ismawaty mengaku dampak dari smart city sudah dirasakan masyarakat, hanya saja perlu dikonfirmasi melalui kuesioner kepada masyarakat sebagaimana arahan kementerian. Selanjutnya bukti-bukti itu akan disampaikan ke pusat.

Dia mengungkapkan total inovasi di Makassar sudah mencapai ratusan. Rencananya yang akan diajukan ke pusat sekitar belasan inovasi saja.

"Masih banyak potensi pengembangan inovasi-inovasi lingkup Pemkot Makassar yang akan dijalankan," katanya lagi.

Kepala Bidang Aplikasi Diskominfo Jusman mengatakan dari ratusan inovasi yang ada di Kota Makassar hanya belasan saja yang diajukan ke pusat atau masuk dalam survei dampak smart city ini.

Dia menuturkan sudah ada beberapa list dimensi smart city yang disepakati dalam rapat. Berikutnya akan ada rapat lanjutan untuk menetapkan masing-masing dimensi dari program smart city ini.

Survei rencananya akan dilakukan bulan ini dan bulan depan, karena rencananya diserahkan paling lambat 31 Oktober.

Sebelumnya, smart city ini didukung oleh enam pilar, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Living, Smart Society, Smart Economy, dan Smart Environment yang berkaitan dengan lingkungan.
Baca juga: Kemenkominfo fasilitasi penyusunan cetak biru kota cerdas di Indonesia
Baca juga: Kemenkominfo mendorong lima program unggulan Pemkab Jayapura

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023