Tegalluar, Kabupaten Bandung (ANTARA) - Selama tiga hari uji coba dari Jumat (15/9) sampai hari Minggu (17/9), Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mengangkut 4.552 penumpang baik yang berangkat dari Tegalluar atau dari Halim Perdanakusuma.

GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa menjelaskan pada tanggal 15 September 2023 KCJB mengangkut 1.740 penumpang, tanggal 16 September 2023 sebanyak 1.352, dan tanggal 17 September 2023 ini sebanyak 1.460 penumpang yang diangkut dari Halim dan juga Tegalluar.

"Secara keseluruhan, uji coba operasional bersama masyarakat selama tiga hari ini berjalan dengan lancar aman dan tanpa kendala. Masyarakat juga sangat antusias mengikuti perjalanan kereta cepat," kata Eva di sela-sela uji coba KCJB, Minggu.

Untuk tiga hari masa uji coba, kata Eva, diutamakan bagi masyarakat yang terdampak pembangunan jalur trase kereta cepat, media, hingga influencer. Namun pada hari ketiga uji coba ini dibuka registrasi mandiri bagi masyarakat umum untuk uji coba periode 18-24 September 2023.

"Jadi sejak Jumat sudah membuka untuk masyarakat sekitar jalur trase, dan masyarakat umum itu baru dimulai hari ini, bisa melakukan pemesanan dan sangat antusias sekali mereka sangat senang. Artinya kita sangat apresiasi, artinya kehadiran dari KA Cepat ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat," ucapnya.

Tiap hari, kata Eva, pihaknya menyiapkan kuota sekitar 2.000 tempat duduk yang terbagi dalam empat perjalanan kereta dengan masing-masingnya tersedia kuota 500-550 tempat duduk tiap rangkaian kereta.

Namun terkait dengan pantauan ANTARA yang melihat masih ada tempat yang kosong saat perjalanan uji coba, Eva mengatakan hal tersebut karena cukup banyak masyarakat yang telah diundang tidak datang dan lebih banyak yang terlambat datang.

"Karenanya kami meminta kerja sama agar datang sesuai jadwal yang dipilih dan ditentukan karena banyak juga masyarakat yang ingin mendaftar tapi sudah habis. Kami juga mohon kerja samanya agar hadir di stasiun itu selambatnya satu jam sebelum perjalanan kereta, karena memang KA cepat tidak dapat menunggu, semuanya on time Sesuai dengan jadwal perjalanan yang sudah diberikan," tuturnya.

Diketahui, kereta cepat melaju maksimal dengan kecepatan 350 km per jam, dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk perjalanan dari Tegalluar sampai ke Halim dengan satu pemberhentian di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sekitar dua menit.

PT KCIC mengungkap uji coba KCJB dengan penumpang ini dilakukan hingga 30 September 2023 secara cuma-cuma, dengan setiap harinya ada empat jadwal perjalanan KA Halim - Tegalluar pulang pergi (PP) dengan jadwal:

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Baca juga: KCIC: Stasiun Tegalluar bakal terkoneksi ke Stasiun Cimekar-Gedebage
Baca juga: Registrasi uji coba kereta cepat dibuka kembali 24 September 2023
Baca juga: Warga Kabupaten Bandung antusias coba kereta cepat Jakarta-Bandung

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023