Penyerahan Gedung Pasar Seni Kuta ini kami harapkan mampu menggerakkan roda perekonomian bagi UMKM dan perajin seni untuk memasarkan produk mereka
Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Bali, menghibahkan Gedung Pasar Seni Kuta yang memiliki nilai aset sebesar Rp55 miliar ke Desa Adat Kuta, guna menggerakkan perekonomian UMKM di sana.

"Penyerahan Gedung Pasar Seni Kuta ini kami harapkan mampu menggerakkan roda perekonomian bagi UMKM dan perajin seni untuk memasarkan produk mereka," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Minggu.

Ia menjelaskan pembangunan pasar Desa Adat Kuta telah tuntas dan rampung dilaksanakan, sehingga diharapkan dapat menjadi tempat yang representatif bagi para pedagang kerajinan seni dan UMKM untuk memasarkan produk-produk mereka.

Bupati mengungkapkan pembangunan pasar seni dengan berbagai fasilitas yang dimiliki itu merupakan bentuk investasi jangka panjang dan merupakan upaya Pemkab Badung dalam memotivasi dan memperhatikan UMKM.

Baca juga: Pemprov Bali libatkan 90 UMKM dalam Pasar Gotong Royong

"Untuk mengakomodir kendaraan yang akan parkir, kami juga sudah melakukan pemetaan tempat yang nantinya akan dibangun tempat parkiran yang besar. Untuk parkir ini kami akan berkomunikasi dengan pihak-pihak hotel di sekitarnya agar para tamu bisa menikmati pasar seni," ungkapnya.

Sebagai bentuk perhatian kepada pelaku usaha di Pasar Seni Kuta, Bupati Giri juga mengatakan akan memberikan semacam bantuan penguatan modal bagi pelaku UMKM yang berjualan di sana.

"Karena ini merupakan warga Kuta, kalau sudah masuk kategori UMKM, per orang nanti itu kita akan anggarkan bantuan penguatan modal," katanya.

Sementara Bendesa atau Kepala Desa Adat Kuta I Wayan Wasista berharap dengan adanya Pasar Seni Kuta sektor-sektor ekonomi lainnya dapat berkembang dan bisa mendongkrak pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kuta.

Baca juga: Gubernur BI minta Bali tingkatkan penggunaan QRIS di pasar rakyat
Baca juga: Gubernur Bali saksikan penyerahan Pasar Sukawati ke Pemkab Gianyar

 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari/Naufal Fikri Yusuf
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023