Gorontalo (ANTARA) - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan menyebut habitat kelelawar dan kawasan hutan bakau yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, sangat potensial menjadi objek wisata alam unggulan di daerah itu.

"Kemarin saya melihat banyak wisatawan manca negara yang berkunjung ke pulau tersebut. Mereka tertarik dengan habitat kelelawar dan kawasan hutan bakau. Jika ada ketertarikan wisatawan, tentu potensi menjadi objek wisata sangat besar," kata Wisye di Gorontalo, Minggu.

Ia berharap pemerintah daerah dapat mendorong pemerintah kecamatan dan desa untuk mengembangkan nya menjadi destinasi wisata di kecamatan kepulauan ini.

Wisata terkoneksi sangat potensial, apalagi desa desa di Kecamatan Ponelo Kepulauan memang diciptakan menjadi kawasan penyanggah pariwisata Pulau Saronde. Salah satu pulau cantik pasir putih yang mulai ditata pihak pengembang melalui kerja sama investasi dengan pemerintah daerah.

"Saya senang bisa berwisata ke Pulau Saronde. Lalu berkunjung ke Pulau Ponelo saat sore hari untuk melihat habitat ratusan ribu bahkan mungkin jutaan kelelawar yang ada di kawasan hutan bakau di pulau berpenghuni empat ribu jiwa ini. Ketertarikan yang sama mungkin dirasakan para wisatawan manca negara hingga sangat antusias mengunjungi kawasan itu," kata Wisye.

Ia berharap pemerintah daerah dapat menangkap peluang di sektor pariwisata mengandalkan kekayaan alam yang dimiliki. Apalagi Pulau Ponelo memiliki jarak tempuh yang sangat dekat dari Pelabuhan Kwandang maupun Pulau Saronde dan pulau pulau cantik di sekitarnya.

Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan pemerintah daerah mendukung penuh pengembangan potensi pariwisata yang ada di desa.

"Intervensi pemerintah desa untuk mengembangkan kekayaan alam nya tentu didukung penuh. Pemerintah daerah akan menunjang dengan membuka akses transportasi serta infrastruktur lain yang diperlukan," katanya.

Satu hal penting dan prioritas kata dia, terus disampaikan ke pemerintah desa dalam mengembangkan potensi desa menjadi objek wisata. "Jangan merusak alam, jangan banyak merubah alam dengan bangunan beton berlebihan agar keindahan alami yang dimiliki dapat menjadi unggulan yang akan menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini," katanya.

Baca juga: Menko Luhut: Gorontalo miliki daya tarik wisata maritim

Baca juga: Torosiaje, surga bahari di ujung Gorontalo

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023