Jakarta (ANTARA) — PT Tugu Reasuransi Indonesia, Tbk (Tugure) mengumumkan kerjasama dengan Sirclo menyelenggarakan kegiatan bertajuk 'Panen Omset' dengan tema Lokakarya Sustainable Business UMKM. 

Panen Omset adalah rangkaian kegiatan yang diinisiasi untuk mendukung UMKM di Indonesia, agar dapat berkembang melalui digitalisasi bisnis. Dalam program ini, para UMKM diedukasi dan didampingi melalui workshop dan pelatihan dari para ahli agar semua peserta dapat merasakan manfaat dan pertumbuhan bisnis mereka di penghujung program. 

Corporate Secretary Group Head Tugure Yuliani Winarsih, dalam sambutannya mengatakan, sebagai bentuk penerapan tata Kelola Perusahaan yang baik, Tugure senantiasa mengimplementasikan prinsip ESG (Environment, Social, & Governance) yang diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan korporasi dimana salah satunya adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). 

"Adapun dalam pelaksanaannya, tentunya kami juga mengacu pada nilai-nilai yang terdapat dalam SDGs atau Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan, dimana UMKM memiliki peran yang penting dalam mewujudkan tujuan dari SDGs tersebut. Kami percaya bahwa UMKM adalah tulang punggung ekonomi lokal dan dengan mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM kami dapat membantu menciptakan dampak positif yang lebih besar," tuturnya. 

Menghadapi era digital dewasa ini UMKM dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat, serta memanfaatkan peluang ekonomi dan meningkatkan daya saing. Ditambah ketidakpastian yang harus dihadapi pasca pandemi Covid-19 dimana mengutip rilis Katadata Insight Center (KIC) mayoritas UMKM (82,9%) merasakan dampak negatif dari pandemi. Maka dirasa perlu perhatian khusus bagi UMKM / agar dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Lebih lanjut, Yuliani menambahkan, pihaknya merasa senang dapat memfasilitasi rekan-rekan UMKM agar dapat terus melakukan pengembangan bisnis. 

“Pengembangan UMKM bukan hanya tentang memberikan bantuan finansial tetapi juga tentang memberikan pelatihan pendampingan, dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang," terangnya. 

Salah satu aspek penting dari program Panen Omset adalah memberikan akses kepada UMKM untuk pelatihan dan pendampingan dalam berbagai bidang seperti manajemen bisnis pemasaran dan teknologi.

"Dengan program ini kami berharap dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sirclo yang telah bekerja sama dengan kami dalam menjalankan program CSR ini," katanya. 

Sementara itu, Chief Executive Officer Entrepreneur Solutions Sirclo
Ferry Tenka menyampaikan, Panen Omset adalah rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh Sirclo untuk mendukung UMKM di Indonesia agar dapat berkembang melalui digitalisasi bisnis. 

“Dalam program ini, para UMKM akan diedukasi dan didampingi melalui workshop dan pelatihan dari
para ahli agar semua peserta dapat merasakan manfaat dan pertumbuhan bisnis mereka di penghujung program," pungkasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023