Atas kondisi tersebut masyarakat diingatkan agar selalu waspada terhadap potensi terjadinya banjir dan longsor akibat hujan lebat yang terjadi
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar waspada kemungkinan terjadinya banjir dan longsor dampak dari hujan lebat yang terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Lestari Irene Purba, Senin, menyebutkan, sebagian wilayah Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Senin sore dan malam hari .

Kondisi tersebut berpeluang terjadi di kawasan Pantai Barat, Pantai Timur, Lereng Timur dan pegunungan Sumatera Utara.yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin kencang dan longsor.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diingatkan agar selalu waspada terhadap potensi terjadinya banjir dan longsor akibat hujan lebat yang terjadi," katanya.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di Sumut dalam dua hari ke depan

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, serdang Bedagai, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, di wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Pulau Sidempuan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas lebat, di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Karo, Dairi, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba, Simalungun, Asahan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, P. Sidempuan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Asahan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Toba, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 16 – 33.0 derajat Celsius, kelembapan udara :60 – 98 persen, dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai angin kencang di Sumatera Utara

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023