Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Barat melakukan sosialisasi tertib lalu lintas di 11 titik rawan pelanggaran, seperti lampu merah Slipi, Jalan Tubagus Angke, Cengkareng, dan Grogol, pada Senin.
 
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Barat AKBP Mokhamad Sigit Purwanto mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang keselamatan pengendara.
 
"Sosialisasi dilakukan pada 18-19 September. Kami mulai pada pagi hari kami melakukannya pukul 06.00-10.00 WIB, lalu siang ke sore pukul 13.00-15.30 WIB," kata Sigit kepada ANTARA saat dihubungi di Jakarta, Senin.
 
Sigit mengatakan sosialisasi ini merupakan rangkaian dari Operasi Zebra Jaya 2023 yang akan dilakukan hingga 1 Oktober.
 
Tadi pagi, Polres Jakbar juga menggelar apel pasukan untuk memulai operasi yang mengusung tema 'Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Arus Lalu Lintas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024'.
 
"Tema tahun ini ialah kondusivitas menuju Pemilu Damai 2024, operasi ini juga dapat membantu dalam menjaga ketertiban lalu lintas dan keamanan selama proses pemilihan umum," ujar Wakapolres Jakarta Barat AKBP Sarly Sollu yang memimpin apel tersebut dalam keterangan tertulisnya.
 
Operasi Zebra Jaya 2023 menyasar pengendara yang melakukan pelanggaran, di antaranya pengendara roda empat atau roda dua yang melawan arus, pengemudi atau pengendara yang berada di bawah pengaruh alkohol.
 
Kemudian, pengemudi atau pengendara yang menggunakan gawai saat mengemudi, pengendara yang tidak menggunakan helm yang memenuhi standar Standar Nasional Indonesia (SNI).
 
Pihak kepolisian juga mengawasi pengemudi yang tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengemudi yang melampaui batas kecepatan yang ditentukan, dan pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang.
 
Masyarakat diimbau untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan, disiplin dalam berkendara, dan mematuhi rambu lalu lintas.
 
Operasi tersebut melibatkan 2.939 personel yang terdiri dari 1.349 personel satuan tugas daerah dan 1.560 satuan tugas polres.
 
Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keselamatan berlalu lintas, mengurangi kecelakaan, dan menciptakan kamseltibcarlantas.
 
Operasi Zebra tahun 2023 diharapkan dapat mengidentifikasi penyebab kecelakaan dengan lebih baik dan mencegahnya.

Baca juga: Kepolisian gelar Operasi Zebra Jaya 2023 agar Pemilu kondusif

Baca juga: Polda Metro Jaya baru laksanakan Operasi Zebra karena fokus KTT ASEAN

Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan 2.939 personel dalam Operasi Zebra 2023

Pewarta: Rivan Awal Lingga
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023