bertujuan  menjaga ketertiban lalu lintas dan keamanan menjelang Pemilu 2024
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian menggelar Operasi Zebra Jaya 2023 pada 18 September - 1 Oktober  untuk menciptakan iklim politik, hukum, dan keamanan yang kondusif khususnya di Ibu Kota menjelang Pemilu 2024.

"Sesuai dengan tema Operasi Zebra Jaya 2023 yakni 'Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024' bertujuan  menjaga ketertiban lalu lintas dan keamanan menjelang Pemilu 2024," kata Wakapolres Metro Jakarta Barat, AKBP Sarly Sollu  dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Sarly menyebut Operasi Zebra Jaya tahun 2023 memiliki beberapa sasaran pelanggaran yang akan diawasi secara ketat, antara lain  pengendara roda empat atau roda dua yang melawan arus.

Kemudian, pengemudi atau pengendara yang berada di bawah pengaruh alkohol, lalu pengemudi atau pengendara yang menggunakan handphone saat mengemudi.

Berikutnya, pengendara yang tidak menggunakan helm yang memenuhi standar Standar Nasional Indonesia (SNI), lalu pengemudi yang tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Selanjutnya, pengemudi yang melampaui batas kecepatan yang ditentukan dan pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang.

"Masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan, selain itu masyarakat juga diminta selalu disiplin dalam berkendara dan mematuhi rambu lalu-lintas yang berlaku," kata Sarly.

Operasi Zebra Jaya 2023, ucap Sarly, melibatkan sebanyak 2.939 personel yang terdiri dari 1.349 personel satuan tugas daerah dan 1.560 satuan tugas polres yang akan dilaksanakan pada 18 September-1 Oktober 2023 .

Lebih jauh, Sarly menyebut operasi tahun ini memiliki tiga tujuan yaitu meningkatnya kepatuhan dan disiplinnya masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka kecelakaan dan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Diharapkan dengan operasi zebra pada tahun 2023 dapat dengan mudah mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecelakaan lalu lintas sehingga dapat mencegah dengan tepat dan sesuai sasaran," kata Sarly

Sebagaimana arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, kata Sarly, di mana saat ini kualitas udara yang kurang baik, diharapkan bagi para petugas di lapangan agar menggunakan masker.

"Sosialisasi dan uji emisi yang selama ini dilakukan ditujukan agar masyarakat sadar untuk memperhatikan kondisi mesin kendaraan, sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kualitas udara dalam berkendara," pungkas Sarly.
Baca juga: Kepolisian mengedepankan penindakan ETLE dalam Operasi Zebra Jaya
Baca juga: Operasi Zebra Jaya identifikasi penyebab kecelakaan lalu lintas
Baca juga: Polda Metro Jaya baru laksanakan Operasi Zebra karena fokus KTT ASEAN

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023