Totalnya memberikan pelayanan kepada sebanyak 476 pasien. Di antaranya memberikan layanan kesehatan dasar seperti spesialistik dan tradisional
Surabaya (ANTARA) - Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak yang diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melayani ratusan pasien selama bertugas di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, 13 - 16 September 2023.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menginformasikan selama empat hari tersebut Tim Yankes Bergerak dipusatkan di Puskesmas Raas dan Kapal Gandha Nusantara 1 dukungan dari Dinas Perhubungan Pemprov Jatim.

Baca juga: Dinkes Biak sediakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan

"Totalnya memberikan pelayanan kepada sebanyak 476 pasien. Di antaranya memberikan layanan kesehatan dasar seperti spesialistik dan tradisional. Juga memberikan pembinaan upaya kesehatan masyarakat," katanya di Surabaya, Senin.

Terbanyak melayani pasien kesehatan mata sebanyak 115 orang, obgyn 74 orang dan bedah 68 orang. Selain itu melayani pasien penderita sakit telinga hidung dan tenggorokan (THT) sebanyak 50 orang dan kesehatan anak 44 orang.

Selanjutnya 7 orang menerima layanan penyakit dalam melalui tele konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam dari RSUD M Noer Pamekasan, serta 118 orang menerima layanan kesehatan tradisional berupa akupuntur, akupresur, hingga herbal.

Baca juga: KSP inisiasi layanan kesehatan petugas pemilu cegah jatuhnya korban

Khofifah menjelaskan Yankes Bergerak sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan Pulau Raas merupakan tujuan ke-15.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2023, Tim Yankes Bergerak melayani kesehatan masyarakat di Pulau Sapudi. Tim Yankes Bergerak dijadwalkan menuju ke Pulau Kangean di akhir bulan Oktober atau awal November mendatang. Juga dijadwalkan mengunjungi Pulau Gili akhir bulan November 2023.

"Tim Yankes Bergerak membawa misi mulia kemanusiaan. Yaitu demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil yang kemudahan akses layanan kesehatannya tidak seperti warga di perkotaan," ujar Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu menandaskan kehadiran Tim Yankes Bergerak merupakan wujud Program Jatim Sehat yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya.

"Akses kesehatan berlaku untuk semua warga Jatim di manapun berada. Diberikan kepada siapa saja, tidak mengenal di mana mereka tinggal," ucapnya.

Baca juga: Relawan Kawan Juang GP gelar pemeriksaan gratis di Jakarta dan sekitar

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nasrullah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023