Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora Senin (18/9) kemarin masih menarik untuk disimak, mulai dari Musyawarah Nasional Alim Ulama NU hingga jenazah PMI korban tawuran pesilat di Taiwan tiba di Trenggalek.

Berikut rangkuman berita;

- Presiden Jokowi membuka Munas-Konbes NU 2023

Presiden RI Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama 2023 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Senin.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini, secara resmi saya buka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama 2023," kata Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Pesantren Al Hamid.

- Kebakaran landa TPA Jatibarang Semarang

Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, dilanda kebakaran pada Senin siang.

Kepala UPTD TPA Jatibarang Wahyu Heryawan mengatakan api pertama kali muncul dari bekas TPA yang berada di bagian atas sekitar pukul 14.00 WIB.

- Tim SAR gabungan cari korban tenggelam di Ketang Lampung Selatan

Tim Search and Rescue (SAR) gabungan melakukan pencarian korban tenggelam di Pantai Ketang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan pada Minggu.

Kepala Bidang Damkar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Minggu, membenarkan bahwa tim SAR gabungan yang terdiri atas Basarnas, damkarmat, Pol Airud dan warga setempat melakukan pencarian terhadap korban tenggelam.

- Muhammadiyah: Proyek Rempang Eco City rentan kerusakan alam

Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyarankan agar pembangunan Rempang Eco City di Kepulauan Riau (Kepri) untuk dikaji ulang dan harus berorientasi pada lingkungan hidup serta kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Proyek tersebut rentan terhadap kerusakan alam. Perlu diketahui, pembangunan yang masih mengeksplorasi alam secara tidak bijak, tidak akan pernah mendatangkan keuntungan bagi manusia," ujar Sekretaris MLH PP Muhammadiyah Djihadul Mubarok dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

- Jenazah PMI korban tawuran pesilat di Taiwan tiba di Trenggalek

Jenazah pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjadi korban meninggal dalam insiden tawuran antarkomunitas pesilat di Kota Changhua, Taiwan, Zainal Fanani (32) tiba di rumah duka yang beralamat di Desa Tasikmadu, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur pada Minggu siang.

Kedatangan jenazah yang dihantar dalam sebuah peti mati itu disambut isak tangis keluarga dan kerabatnya.

 
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023