Sangat senang Franco bergabung dengan keluarga kami pada tahun 2024
Jakarta (ANTARA) - Pembalap Franco Morbidelli dikonfirmasi hengkang dari tim pabrikan Monster Energy Yamaha dan pindah ke tim satelit Ducati, Prima Pramac untuk MotoGP musim 2024.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Selasa, Morbidelli telah menandatangani kontrak dengan Ducati yang akan membuatnya menjadi rekan satu tim Jorge Martin dan mengendarai Desmosedici GP24.

“Saya sangat senang Franco bergabung dengan keluarga kami pada tahun 2024. Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya, dan dia telah terbukti menjadi juara di banyak kesempatan,” kata Kepala Tim Balap Prima Pramac Paolo Campinoti.

“Saya yakin di tim kami, dia akan menemukan kondisi yang tepat untuk bertarung untuk posisi yang layak dia dapatkan,” ujarnya menambahkan.

Adapun Morbidelli merupakan runner-up juara dunia MotoGP 2020, juara dunia Moto2 2017, dan Juara European Superstock 600 2013. Ia juga menjadi pembalap Italia ketiga di Prima Pramac selama tiga musim.

“Suatu kehormatan mendapat kesempatan bekerja dengan seorang juara seperti Franco. Saya sangat percaya padanya dan bakatnya. Saya yakin dia akan merasa sangat nyaman di tim kami, dan bersama-sama, kami akan mencapai hasil yang luar biasa,” kata Manajer Tim Balap Prima Pramac Gino Borsoi.

Manajer Umum Ducati Corse Luigi Dall'Igna menambahkan, pihaknya merasa senang untuk menyambut Morbidelli ke tim satelit Ducati. Menurut dia, Morbidelli merupakan seorang pembalap berbakat dan kaya akan pengalaman di atas trek.

Baca juga: Bastianini resmi perpanjang kontrak bersama Ducati hingga 2024
Baca juga: Rinaldi akhiri perjalanan bersama Aruba.It Ducati di akhir 2023


“Franco adalah pembalap dengan bakat dan pengalaman hebat, dan lebih dari satu kali, dia telah melakukannya menunjukkan kekuatan dan kecepatannya. Bukan kebetulan bahwa pada tahun 2020, ia menjadi wakil juara dunia MotoGP, memenangkan tiga balapan Grand Prix,” kata Dall’Igna.

“Kami yakin, bersama tim Pramac Racing dan berkat dukungan kami, dia akan mampu menunjukkan potensi penuhnya. Kami berharap dapat memulai petualangan baru yang menarik ini bersama-sama,” ujarnya menambahkan.

Dengan terisinya kedua kursi di Prima Pramac, maka rumor Marc Marquez pindah ke tim tersebut, yang sebelumnya sempat beredar luas, secara otomatis hilang. Marquez masih belum mengungkapkan rencananya untuk musim mendatang.

Sementara itu, kursi Morbidelli di tim pabrikan Yamaha telah diisi oleh Alex Rins yang sebelumnya memperkuat tim LCR Honda. Sementara Fabio Quartararo masih tetap berada di tim tersebut untuk musim mendatang.

Baca juga: Morbidelli hengkang dari Yamaha, Rins jadi rekrutan baru 2024
Baca juga: Zarco resmi hengkang dari Prima Pramac akhir 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023