Tiga GP terakhir ini juga sangat penting, dan kami akan fokus untuk mendapatkan hasil terbaik
Jakarta (ANTARA) - Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo mengatakan akan fokus pada pengembangan motornya jelang dan saat MotoGP Malaysia digelar di Sirkuit Internasional Sepang, akhir pekan ini.

"Sepang adalah sirkuit yang sangat bagus untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang bisa kami tingkatkan, dengan mengingat tahun depan (datang) tidak lama lagi," kata Quartararo, dikutip dari keterangan resmi Yamaha, Kamis.

Adapun Quartararo kini telah mengoleksi 145 poin dan bertengger di posisi kesembilan klasemen sementara. Ia mengaku tetap berambisi untuk kompetitif dan mengumpulkan lebih banyak poin di sisa musim 2023 ini.

Baca juga: Quartararo sebut Mandalika adalah podium terbaiknya musim ini

"Tentu saja, tiga GP terakhir ini juga sangat penting, dan kami akan fokus untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, kami juga harus memastikan bahwa kami mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk tahun 2024," ujar dia.

Pembalap asal Prancis itu sendiri memiliki rekam jejak yang cukup baik di Sepang. Ia sudah lima kali membalap di sirkuit Sepang untuk tiga kelas balap, yakni Moto3 (2016), Moto2 (2017 dan 2018), serta MotoGP (2019 dan 2022).

Quartararo juga tidak pernah finis di luar tujuh besar. Ia meraih podium pertamanya di Malaysia tahun lalu ketika ia mengamankan tempat ketiga meski mengalami cedera tangan akibat kecelakaan.

Baca juga: Quartararo pecahkan rekor Sepang, tiga Yamaha terdepan di FP1

Di sisi lain, rekan satu timnya, Franco Morbidelli, mengatakan ingin fokus untuk menemukan kecepatan yang optimal di grand prix mendatang.

Pembalap Italia itu memiliki kenangan positif terhadap GP Malaysia di kelas Moto2 pada tahun 2016 dan 2017 ketika ia masing-masing mengamankan posisi kedua dan ketiga. Finis tertingginya di MotoGP adalah bersama Yamaha pada 2019, menempati posisi keenam.

"GP Malaysia selalu menghadirkan tantangan uniknya sendiri. Cuaca bisa cerah dan sangat panas dan menuntut secara fisik, atau kita bisa mengalami hujan badai dan kondisi trek sangat basah, yang menuntut kekuatan mental, jadi kami harus siap menghadapinya dalam kondisi apa pun, dan memberikan yang terbaik," kata Morbidelli.

Baca juga: Marquez dan Mir antisipasi tantangan besar di MotoGP Malaysia
Baca juga: Bezzecchi dan Marini siap tampil dalam kondisi terbaik di Sepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023