Jakarta (ANTARA) - Tim Monster Energy Yamaha menyambut musim 2024 dengan tekad meraih gelar juara dunia bersama motor YZR-M1 yang akan menjadi tunggangan dua pembalap utamanya, Fabio Quartararo dan Alex Rins.

“Tujuan utama Yamaha adalah dan akan selalu menghadirkan tekad kepada pelanggan dan penggemarnya," kata Manajer Umum Divisi Pengembangan Olahraga Motor Yamaha Takahiro Sumi, dalam keterangan resmi, Senin.

"Oleh karena itu, sudah jelas bahwa perusahaan berdedikasi penuh untuk membawa trofi MotoGP kembali ke Yamaha dengan kekuatan tim global baru kami."

Skema warna YZR-M1 masih membawa biru yang ikonis, dengan perubahan corak yang menampilkan beberapa sponsor baru. Yamaha juga menyegarkan tim dari sisi personel dan organisasi.

Sumi kini akan bekerja sama dengan Project Leader Yamaha YZR-M1 yang baru, Kazuhiro Masuda, dan Direktur Teknis Yamaha Factory Racing yang baru, Massimo Bartolini.

Kepala Tim & Direktur Teknis Yamaha Motor Racing Lin Jarvis dan Direktur Tim Monster Energy Yamaha MotoGP Massimo Meregalli tetap memimpin tim.

Baca juga: Ducati antisipasi peta persaingan baru menyusul konsesi MotoGP

Jarvis tak menampik 2023 sebagai musim yang cukup menantang, tapi dengan perubahan dalam banyak sisi ini, mereka sudah siap bangkit merebut podium lebih banyak lagi dan kemenangan sepanjang tahun ini.

“Setelah melakukan perubahan signifikan pada tim proyek MotoGP kami dan dengan susunan pembalap baru, tim merasa segar dan siap menghadapi musim 2024” kata Jarvis.

“Para insinyur Yamaha telah bekerja sepanjang waktu dan terus mengembangkan motornya," sambung dia.

MotoGP 2024 diperkirakan akan memiliki 21 putaran dengan total 42 balapan, termasuk balapan utama dan sprint.

Setelah rangkaian sesi uji coba resmi MotoGP 2024 di Sepang dan Qatar, ajang balap motor kelas premier musim mendatang pun akan dibuka dengan grand prix pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

“Saya yakin tahun ini akan menjadi salah satu musim MotoGP paling menarik dalam beberapa waktu terakhir," kata Jarvis.

Baca juga: Honda jadwalkan 22 uji coba privat jelang MotoGP 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024