Pelaku UMKM ini sangat penting....
Palembang (ANTARA) -
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak masyarakat menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan perekonomian melalui sektor industri kuliner di Kota Palembang.
 
"Pelaku UMKM ini sangat penting, selain bisa menjadi roda penggerak ekonomi juga bisa memperkenalkan kuliner Kota Palembang ke tingkat nasional, bahkan internasional," kata Ketua Kadin Kota Palembang Akbar Alfaro, di Palembang, Selasa.
 
Ia mengatakan dengan menjadi pelaku UMKM, masyarakat bisa membuka ruang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.
 
Selain itu, ia juga mengajak masyarakat yang telah menjadi pelaku UMKM di Palembang untuk memiliki Nomor Induk Berusaha atau (NIB).
 
Dia menjelaskan terdapat 330 ribu pelaku UMKM di Sumsel. Namun di Kota Palembang hanya sekitar enam persen dari jumlah tersebut yang baru memiliki NIB.
 
Menurutnya, NIB menjadi penting bagi pelaku UMKM untuk sebuah identitas yang diterbitkan pemerintah melalui lembaga Online Single Submission (OSS), sehingga bisa menopang permodalan sebuah usaha.
 
NIB juga sangat penting untuk sertifikasi halal serta administrasi lainnya, seperti meminjam permodalan usaha.
 
Ia menambahkan Kadin juga telah memberikan pelatihan-pelatihan ke pelaku UMKM di Palembang yang berfokus pada industri kuliner dan kerajinan rumahan untuk memberikan pemahaman yang luas kepada mereka,  agar berpotensi menjadi pelaku usaha yang sukses tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional.
Baca juga: Pemkot Palembang tawarkan pinjaman modal tanpa agunan ke UMKM
Baca juga: Wali kota sebut Palembang Expo ajang promosi UMKM Lokal

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023