Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, Basuki Hadimuljono, memastikan persiapan tim Indonesia menjelang Asian Games 2022 Hangzhou telah berjalan dengan baik dan matang.

“Sejak tanggal 16 September sebagian anggota kontingen telah diberangkatkan, yaitu sebanyak lima cabang olahraga, seperti kriket, football, beach volley ball, indoor volley ball, dan modern pentathlon,” kata Basuki dalam pengukuhan Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou di Jakarta, Selasa.

“Sementara delapan cabang olahraga lainnya sudah sebelumnya mendahului untuk mengikuti traning center di luar negeri, termasuk di Tiongkok, seperti rowing, canoe, judo, taekwondo, wushu, atletik, cycling BMX, dan archery. Malam ini akan diberangkatkan cabor hockey, sehingga masih ada 23 cabor lagi yang belum berangkat,” ujarnya menambahkan.

Pada Asian Games 2022 Hangzhou, Indonesia mengirimkan 413 atlet serta 135 official yang akan terlibat di 30 cabang olahraga, 41 disiplin, dan 202 nomor pertandingan.

Baca juga: Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou resmi dikukuhkan

Tim Indonesia dipimpin langsung Chef de Mission Basuki dan dibantu 31 personel tim CdM serta 22 personil yang akan membantu Rumah Indonesia di Hangzhou.

“Jadi kalau saya kan petugas. Saya diamanahi oleh Pak Menpora dan Pak Ketua KOI. Jadi misi saya melaksanakan apa yang ditugaskan kepada kami, dengan yang sudah ada materinya. Saya kira para cabang olahraga sudah mempersiapkan diri masing-masing. Kan ada lima cabang olahraga bahkan yang masing training di luar (negeri),” kata Basuki.

“Jadi saya hanya mengkoordinir, menciptakan suasana yang lebih baik untuk mereka bertanding. Ada Rumah Indonesia di sana, itu di antaranya untuk menciptakan kebersamaan dan suasana semangat untuk bertanding karena semua materi sudah disiapkan oleh Menpora dan KOI,” tambah dia.

Baca juga: Kampung Atlet Asian Games Hangzhou janjikan akomodasi yang nyaman

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari menambahkan, Asian Games 2022 Hangzhou merupakan sebuah kesempatan buat para atlet menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa Indonesia di panggung olahraga kawasan Asia.

“Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia,” kata Okto.

“Ketika lagu ‘Indonesia Raya’ berkumandang di Hangzhou, itulah saatnya kita menunjukkan ke dunia bahwa kita bukan sekedar peserta. Kita adalah bangsa yang disegani, bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur dan bangga dengan identitasnya,” ujarnya menambahkan.

Asian Games 2022 Hangzhou akan berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Baca juga: Kriket hingga sepak bola awali perjuangan Indonesia di Asian Games
Baca juga: Ujian perdana timnas U-24 tanpa Ramadhan Sananta saat lawan Kirgistan


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023