Selama ini kami banyak menggelar lomba fotografi, hasilnya luar biasa. Banyak karya terbaik yang dihasilkan, tapi untuk pamerannya belum pernah.
Bukittinggi,- (ANTARA) -
Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA melalui Galeri Foto Jurnalistik ANTARA (GFJA) menggelar pameran fotografi bertajuk Selayang Minang yang akan digelar selama dua pekan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.
 
"Pameran fotografi Selayang Minang persembahan LKBN ANTARA akan dibuka secara resmi, pada Jumat (22/9), dan berlangsung hingga Oktober. Ini pertama kalinya digelar di Kota Bukittinggi," kata Kepala Biro Antara Sumbar Irwan Arfa di Padang, Selasa.
 
Menurutnya, pameran Foto Selayang Minang nantinya dapat dinikmati secara gratis oleh warga dan pengunjung Kota Bukittinggi yang datang berkunjung ke pusat kota
 
Irwan menyebut ratusan foto jurnalistik bertema Minangkabau Sumatera Barat dengan ukuran besar dan beragam bahan akan dipajang dalam rangkaian display menarik mulai dari area Jam Gadang hingga terpusat di lantai dasar Gedung Pasa Ateh Bukittinggi.

Baca juga: UIN Banten gandeng GFJA gelar pameran foto Snouck Hurgronje

Baca juga: BP Geopark Meratus gelar pameran foto di GFJA
 
"Rata-rata ukurannya satu meter lebih dengan bahan cetakan foto maupun kain, saat ini rangka display telah disusun di Pasa Ateh, program ini didukung sepenuhnya oleh Pemkot Bukittinggi," kata dia.
 
Pameran fotografi ini turut didukung lembaga Koninklik Instituut Voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV) yang berpusat di Leiden, Belanda.
 
"Pameran akan menyajikan beragam foto mengenai potensi dan destinasi wisata di wilayah Sumatera Barat karya rekan-rekan pewarta foto ANTARA dan arsip foto KITLV," katanya.
 
Bahan pajangan fotografi profesional LKBN ANTARA didatangkan langsung dari Jakarta dengan material sama dengan pameran foto sebelumnya yang sukses digelar di Kota Medan.
 
"Redaksi foto Kantor Berita Antara setiap tahun memiliki program kegiatan penyelenggaraan pameran fotografi di berbagai daerah di Indonesia. Program ini merupakan salah satu bentuk diseminasi sekaligus upaya edukasi dan layanan publik kepada masyarakat luas mengenai produk berita foto," katanya.
 
Wali Kota Bukittinggi Erman Safar menyambut baik pameran fotografi LKBN ANTARA dan berharap menjadi inisiator kegiatan yang sama untuk seluruh kalangan di daerah setempat.
 
"Selama ini kami banyak menggelar lomba fotografi, hasilnya luar biasa. Banyak karya terbaik yang dihasilkan, tapi untuk pamerannya belum pernah, dengan adanya pameran foto LKBN ANTARA kami harap menjadi langkah awal kegiatan serupa untuk perlombaan yang telah dibuat," katanya.
 
Ia memberikan dukungan kepada LKBN ANTARA dengan fasilitas Gedung Pasa Ateh sebagai lokasi utama pameran foto serta area Jam Gadang sebagai peresmian acara yang direncanakan dibuka oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Akhmad Munir.
 
"Kami mendukung setiap kegiatan positif di Bukittinggi, pengunjung akan semakin ramai, UMKM meningkat, edukasi tentang fotografi pastinya bertambah. Nanti akan diupayakan juga coaching clinic bersama pemateri dari kalangan profesional LKBN ANTARA," sebutnya.*
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023