Program ini ialah program yang dapat menjadi salah satu upaya kongkret yang dapat kita lakukan bersama dalam mengatasi dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Tengah
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah terus gencar melakukan penanggulangan angka gagal tumbuh kembang anak (stunting) di daerah dataran tinggi Gayo itu melalui program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).

Pj Bupati Aceh Tengah T Mirzuan, Selasa, mengatakan program Dashat merupakan langkah kongkret pemerintah kabupaten setempat dalam melakukan penanganan masalah kekerdilan atau gagal tumbuh kembang anak di Aceh Tengah.

Baca juga: Hasto Wardoyo: Inovasi "Cempaka" kunci gotong royong entaskan stunting

"Program ini ialah program yang dapat menjadi salah satu upaya kongkret yang dapat kita lakukan bersama dalam mengatasi dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Tengah," kata T Mirzuan di Aceh Tengah.

Prevalensi stunting di Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022 sebesar 32 persen atau hanya turun sebesar 2,4 persen dari kondisi tahun 2021. Angka itu, masih berada di atas rata-rata Provinsi Aceh yakni sebesar 31,2 persen dan rata-rata nasional sebesar 21,6 persen.

Ia menjelaskan, stunting merupakan masalah serius yang mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak-anak. Hal ini juga sangat terkait dengan masalah pembangunan yang dapat berdampak jangka panjang terhadap generasi bangsa dan masa depan Aceh Tengah.

Menurutnya, program Dashat tidak hanya tentang memberikan makanan yang bergizi kepada anak-anak stunting, tetapi juga tentang memberikan pendidikan dan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya gizi seimbang dalam pertumbuhan anak-anak.

Baca juga: NTB berhasil turunkan angka stunting 13,78 persen

"Melalui Dashat kita akan meningkatkan akses masyarakat terhadap makanan bergizi, memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita, serta memberikan pendampingan kepada ibu-ibu muda dalam merawat anak-anak mereka dengan baik," ujarnya.

Ia juga mengajak semua pihak terkait untuk terus bekerja sama dalam penanganan stunting di daerah dataran tinggi Gayo itu, dan memastikan bahwa anak-anak stunting memiliki akses terbaik untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Oleh sebab itu, lanjut dia, sangat diperlukan komitmen bersama dalam upaya mengatasi stunting dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak di Aceh Tengah.

"Untuk itu, saya mengajak semua pihak mulai dari pemerintah daerah, perangkat desa, tokoh masyarakat, hingga seluruh warga Aceh Tengah untuk bersatu dalam mendukung program Dashat ini. Mari bersama-sama memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan masa depan yang lebih baik," ujar Mirzuan.

Baca juga: Pemkab Bangka sediakan inovasi Quick Respons Stunting

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023