Diharapkan kerja sama tersebut dapat mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun, dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat
Medan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengajak semua pihak, khususnya insan perhubungan untuk bersinergi meningkatkan pelayanan transportasi.

"Diharapkan kerja sama tersebut dapat mendorong pemanfaatan secara optimal infrastruktur transportasi yang telah dibangun, dan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Hassanudin saat menjadi inspektur upacara Hari Peringatan Perhubungan Nasional 2023, di Medan, Selasa.

Menurut Hassanudin, transportasi yang andal, efisien, dan berdaya saing memiliki dampak positif pada mobilitas masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi suatu negara.

“Perjalanan kita membangun bangsa ini masih sangat panjang. Ke depan, kontribusi dan kolaborasi yang semakin kuat masih sangat kita dibutuhkan. Kontribusi yang besar di sektor transportasi tersebut juga menjadi bagian dari perwujudan nilai-nilai kebangsaan, yaitu cinta tanah air dan bangsa serta kerja sama sosial," kata Hassanudin.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Hassanudin membacakan amanat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam amanat tersebut, Menteri Perhubungan mengajak insan perhubungan untuk terus bergerak secara konsisten dalam kerja nyata, melakukan transformasi dan inovasi sektor transportasi, serta secara kolektif dan menggelorakan semangat untuk melaju bersama demi mewujudkan transportasi maju di Indonesia.

“Inovasi dan pembangunan infrastruktur transportasi dalam wujud modernisasi tersebut, tidak hanya kian mendorong Indonesia menjadi negara maju, juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, keselamatan dan pelayanan transportasi yang meningkat," ujar Hassanudin saat membacakan amanat Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Lebih lanjut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi juga meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan selaku regulator sektor transportasi agar dapat bekerja sama, berkolaborasi dan bersinergi secara optimal dengan para operator, stakeholders dan mitra kerja, serta pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, Hassanudin menyerahkan sertifikat penghargaan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan kerja provinsi setempat yang dinilai berjasa dalam bidang transportasi.

Para ASN yang mendapat penghargaan tersebut di antaranya Tinggoman Siregar dari Dishub Sumut, Peihong Sinaga dari PT KAI Divre I Sumut, Chichi Nurhafizah dari Balai BMKG Wilayah I, Budi Maria Anastasia Purba dari Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Belawan, Sunardi yang merupakan Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Belawan, Rahiman Perum Damri dan Wiwin Saputra Buta-Butar dari BPTD Kelas II Sumut.

Baca juga: Mayjend TNI (Purn) Hassanudin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sumut

Baca juga: Gubernur berharap Pj Gubernur Sumut laksanakan kesepakatan APBD 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023