Bahwa Citilink insya Allah akan mengudara di Kota Tasikmalaya.
Tasikmalaya (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyatakan pesawat komersial dengan rute penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta-Wiriadinata, Tasikmalaya disepakati kembali beroperasi mulai 2 Oktober 2023 dengan jadwal penerbangan dua kali sepekan.

"Bahwa Citilink insya Allah akan mengudara di Kota Tasikmalaya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dishub Kota Tasikmalaya A Jamaludin saat dihubungi, di Tasikmalaya, Selasa.

Ia menuturkan rencana aktivasi penerbangan pesawat komersial itu sudah dibahas oleh pemerintah daerah dengan maskapai penerbangan Citilink yang akhirnya disepakati siap beroperasi pada 2 Oktober 2023.

"Mohon doanya lancar tidak ada halangan untuk tanggal 2-nya," kata Jamaludin.

Dia menyampaikan tahap awal jadwal penerbangan pesawat komersial itu sebanyak dua kali dalam sepekan dengan rute penerbangan Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya-Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Namun, kata dia lagi, jika kondisinya banyak penumpang, kemungkinan jadwal penerbangan pesawat komersial bisa ditambah dalam sepekan atau setiap hari seperti pelayanan sebelum datang pandemi COVID-19.

"Mungkin saja ke depannya tidak hanya seminggu dua kali, mungkin saja seperti tahun sebelumnya, sebelum COVID-19 itu hampir tiap hari," katanya pula.

Menurut dia, adanya layanan transportasi udara itu bisa mempermudah masyarakat Tasikmalaya maupun daerah sekitarnya, seperti Kabupaten Ciamis, Banjar, dan daerah lainnya, sehingga lebih mudah dan cepat untuk pergi ke Jakarta maupun sebaliknya.

Terutama, kata dia, kembali diaktifkannya penerbangan pesawat komersial ke Kota Tasikmalaya itu bisa mempermudah pebisnis yang menilai kecepatan waktu untuk menuju suatu daerah itu merupakan hal penting.

"Mudah-mudahan menggeliat pengusaha, karena betul-betul waktu itu harus diperhitungkan sekian jam sampai di sana," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tasikmalaya telah melakukan kesepakatan dengan maskapai Citilink untuk membuka penerbangan rute Bandara Wiriadinata-Halim Perdanakusuma.

Kesepakatan itu sudah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah di Jakarta, Senin (18/9).
Baca juga: Selesai dikembangkan, Bandara Wiriadinata siap dukung potensi selatan Jabar
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023