Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur meningkatkan sinergi dengan masyarakat guna menjaga kebersihan lingkungan agar meraih kembali Piala Adipura 2023.
 
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan hal itu saat memimpin rapat persiapan pemantauan Adipura 2023 di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa.
 
Menurut dia, persiapan itu bukan hanya semata-mata untuk mendapatkan penilaian Adipura, namun membangun sinergi antarmasyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jaktim untuk menciptakan lingkungan yang bersih.
 
"Persiapan Adipura, tentunya bukan karena Adipura, kita melihat perkembangan 
yang sudah dilakukan di masyarakat ataupun di ASN (Aparatur Sipil Negara) jajaran kita semuanya," katanya.

Baca juga: Jakarta Timur raih Piala Adipura dari Kementerian LHK

Masyarakat bersama Pemkot Jakarta Timur (Jaktim) harus mengurangi sampah dari sumber. "Bagaimana kita membentuk satu sinergi antara pemerintah dengan masyarakat, tentunya kita harus mengurangi sampah dari sumbernya, baik sampah organik, anorganik,"  kata Anwar.
 
Dalam penilaian Adipura, nantinya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Di antaranya, pengelolaan sampah, keteduhan atau penghijauan dan kebersihan di setiap sisi dan fasilitas, seperti pasar, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), taman, sekolah, rumah sakit, pertokoan dan lainnya.
 
"Tentunya kita perlu monitoring, evaluasi, saya perintahkan tadi jajaran kami, mulai besok didokumentasikan semua lokasi, dokumentasikan kasih ke saya, dua minggu kita evaluasi," ujarnya.

Baca juga: Seluruh kota dan kabupaten di DKI raih Adipura
 
Sehingga, kata dia, dapat diketahui warga mana saja yang peduli dan tidak terhadap lingkungan sekitarnya.
 
"Dilakukan atau tidak, ini tanggung jawab siapa, jadi kita tahu orang itu peduli atau tidak dengan lingkungannya untuk mendukung program Adipura dan memberikan pelayanan nyaman kepada masyarakat, terutama masalah pengolahan sampah dan kebersihan di kota ini," kata Anwar.
 
Pemkot Jaktim meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup, yakni Piala Adipura Tahun 2022 untuk Kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
Piala Adipura Tahun 2022 bagi Kota Administrasi Jakarta Timur ini merupakan peningkatan mengingat pada 2018, Kota Administrasi Jakarta Timur meraih sertifikat Adipura.
 
Sedangkan pada 2019, 2020 dan 2021, penghargaan Adipura tidak diselenggarakan menyusul pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023