Jakarta (ANTARA) - Atlet debutan Asian Games 2022 dari cabang e-sport nomor PUBG Mobile, Alan Raynold Kumaseh, menargetkan dapat mempersembahkan medali untuk Indonesia dari kompetisi multiajang olahraga terbesar se-Asia itu.

  Alan mengaku sudah mempersiapkan diri selama sebulan terakhir dengan berlatih tanding melawan negara-negara lain.

  "Kami dari tim e-sport PUBG Mobile ingin meminta dukungan dan doa kalian semoga semua yang bertanding disana bisa memberikan hasil yang baik dan bisa membawa medali yang banyak," kata Alan saat menghadiri pelepasan kontingen oleh Presiden Joko Widodo di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

  Sebagaimana dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, sejumlah atlet debutan lainnya di Asian Games ke-19 Hangzhou, China, juga menyatakan kebanggaan sekaligus kesiapannya untuk memberikan hasil terbaik untuk Merah Putih.

  "Perasaannya bangga banget sih karena ini ajang tertinggi se-Asia sebelum ke Olimpiade. Harapannya semoga kita bisa lebih bersemangat lagi untuk mengibarkan bendera Merah Putih di tiang yang paling tinggi," kata Reza Oktavia, atlet panahan yang akan berlaga untuk pertama kalinya di ajang Asian Games.


Baca juga: Ceyco fokus tingkatkan kepercayaan diri jelang Asian Games Hangzhou
  Hal serupa dirasakan juga oleh Desak Made Rita Kusuma Dewi, atlet panjat tebing yang untuk pertama kalinya akan mengikuti Asian Games. Ia juga merasa senang karena bisa dilepas langsung oleh Presiden Jokowi dan meminta dukungan masyarakat Indonesia agar bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

  "Untuk masyarakat Indonesia, kami dari timnas panjat tebing Indonesia mohon doa dan dukungannya kepada kami agar nanti di Asian Games bisa mendapatkan yang terbaik dan agar bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 di kualifikasi kedua dan ketiga nanti," ujarnya.

  Dari cabang olahraga bulu tangkis, Chico Aura Dwi Wardoyo juga akan mengikuti ajang Asian Games untuk pertama kalinya. Ia pun merasa terhormat karena bisa dilepas langsung oleh Presiden Jokowi dan berharap akan mempersembahkan hasil yang terbaik.

  "Pastinya senang banget Bapak Presiden bisa menyempatkan waktu untuk melepas kami, suatu kehormatan juga bisa dilepas langsung sama Bapak Presiden. Kami berusaha menampilkan yang terbaik dan semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik," ujar atlet nomor tunggal putra tersebut.

  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas sebanyak 576 kontingen Asian Games 2022 Hangzhou, China, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa sore ini.

  Dari 576 kontingen itu, di antaranya adalah 413 atlet yang akan mengikuti 30 cabang olahraga dari total 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.

  Cabang-cabang olahraga yang diikuti Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou adalah akuatik, anggar, atletik, angkat besi, bola basket, bulu tangkis, bridge, catur, esports, gulat, jujitsu, karate, dan kurash, menembak, balap sepeda, sport cycling, perahu naga (dragon boat), taekwondo, tenis, triathlon, soft tennis, sepak takraw, dan wushu.

  Presiden Jokowi memberikan target kepada kontingen Indonesia untuk masuk dalam 10 besar di Asian Games ke-19 Hangzhou, China.

Baca juga: Jokowi minta kontingen Indonesia raih 10 besar di Asian Games Hangzhou

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023