Jakarta (ANTARA) - Senior Vice President Project Finance & Infrastructure SERV Swiss Klaus Schmidberger menilai, diversifikasi dan kolaborasi dalam dunia perdagangan internasional yang semakin kompleks adalah penting, di mana pembiayaan menjadi salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan.
 

“Dalam era perdagangan global yang penuh tantangan, kerja sama dan diversifikasi menjadi kunci kesuksesan. Salah satu poin utama yang perlu dipertimbangkan adalah klaim atas risiko yang sudah pulih,” kata Klaus dalam Konferensi Pembiayaan Ekspor di Jakarta, Selasa.
 

Ahli pembiayaan internasional tersebut menjelaskan bahwa pembiayaan memiliki banyak keunggulan, terutama dalam mendukung eksportir dan pembeli.
 

Menurut Klaus, salah satu hal yang dicari oleh bank dalam pembiayaan adalah mitra yang dapat membantu mengelola risiko di mana bank ingin meminimalkan risiko dan mengurangi biaya untuk mencapai kesepakatan yang lebih efektif.

Salah satu hal yang menjadi fokus, lanjut Klaus, adalah pembiayaan jangka panjang, yang dapat memberikan kepastian dan stabilitas dalam transaksi perdagangan internasional.


Selain itu, Klaus menjelaskan diversifikasi turut menjadi sorotan di mana dengan bekerja sama dengan Badan Kredit Ekspor (ECA) Internasional lainnya adalah langkah yang tepat, terutama untuk perusahaan asuransi yang lebih kecil.
 

“Kolaborasi dengan ECA lain dapat membantu dalam berbagi risiko dan mengelola proyek bersama. Ini adalah proses yang umum dan mapan, yang dapat meningkatkan stabilitas dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” kata Klaus.
 

Dalam konteks pembiayaan jangka panjang, kata Klaus, ECA memiliki peran penting dalam mendukung proyek-proyek besar seperti infrastruktur.
 

Hal tersebut memberikan jaminan dan pembiayaan untuk ECA memungkinkan bank-bank untuk mengambil risiko yang lebih besar dan menawarkan kondisi yang lebih baik kepada pelanggan mereka.
 

Hal ini dapat membantu dalam mengurangi biaya pembiayaan dan meningkatkan peluang bisnis.
 

Klaus menekankan pentingnya diversifikasi dan kolaborasi dalam pembiayaan perdagangan internasional melalui kerjasama dengan ECA dan diversifikasi risiko perusahaan dapat mengakses pembiayaan yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan bisnis.

Pewarta: Rara Candrika
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023