Banjar Expo ini menjadi peluang investasi dan kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada setiap investor
Martapura, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, berupaya mendatangkan investor untuk menanamkan modal usaha melalui Banjar Expo.

"Banjar Expo ini menjadi peluang investasi dan kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada setiap investor," ujar Bupati Banjar Saidi Mansyur usai membuka Banjar Expo di Martapura, Selasa.

Menurut Saidi, Banjar Expo yang diselenggarakan dalam rangkaian Hari Jadi ke-73 Kabupaten Banjar dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI diharapkan menjadi bagi investor untuk menanamkan modal.

Saidi menjelaskan tujuan Banjar Expo untuk mengenalkan berbagai produk unggulan daerah baik yang dijalankan pelaku UMKM maupun kegiatan lain termasuk sektor jasa di kabupaten tersebut.

"Melalui Banjar Expo, pengunjung bisa melihat berbagai produk yang ditampilkan. Harapannya mereka tertarik dan membeli produk serta menanamkan investasi sehingga membantu pelaku usaha," ucapnya.

Saidi mengharapkan investasi mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banjar yang dikenal dengan berbagai produk unggulan seperti batu permata dan beragam tempat wisata.

"Harapan kami, investor masuk dan bersama-sama membangun daerah. Namun investasi yang ditanamkan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah disamping tidak melanggar aturan," tutur Saidi.

Dikatakan Saidi, sejumlah stan Banjar Expo menampilkan berbagai produk yang menjadi unggulan termasuk tawaran destinasi wisata yang beragam, baik wisata alam, juga kawasan religius yang menjadi daya tarik investor.

"Semoga Banjar Expo ini menjadi awal yang baik menggaet investor sehingga menanamkan modalnya dan kegiatan diharapkan sukses dalam penyelenggaraan maupun sukses sasaran," kata dia.

Ketua Panitia Hari Jadi ke-73 Kabupaten Banjar Ikhwansyah mengatakan, kegiatan meliputi Expo pembangunan, Manis Street Food Festival, Job Fair, Bazar UMKM hingga festival seni budaya Islami.

"Jumlah stan yang berpartisipasi sebanyak 124 stan menampilkan segenap potensi daerah sebagai penggerak roda perekonomian di Kalsel yang diharapkan dapat terus berkembang pesat," katanya.

Saidi menambah kegiatan juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan dan promosikan produk unggulan yang diharapkan meningkatkan ekonomi masyarakat di kabupaten itu.

Banjar Expo 2023 digelar selama lima hari sejak 19-23 September 2023 dengan menjual berbagai produk, juga menyediakan stan layanan dari Disdukcapil untuk mempermudah masyarakat.

Baca juga: Pemkab Banjar alokasikan Rp4,5 miliar dukung Program Kurma Manis
Baca juga: Pemkab Banjar ajak generasi muda ikuti Gebrak Pariwisata


Pewarta: Taufik Ridwan/Yose Rizal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023