Jakarta (ANTARA) - Pemain timnas Indonesia U-17 menjalani latihan ringan pada hari pertama setelah tiba di Jerman tepatnya di markas klub Bundesliga Borussia Monchengladbach.

  Timnas U-17 berada di Negeri Panzer hingga 23 Oktober untuk menjalani pemusatan latihan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 yang dimainkan pada 10 November sampai 2 Desember nanti.

  Program itu diselenggarakan berkat hasil kolaborasi antara Liga Sepak Bola Jerman (DFL) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) setelah dua organisasi itu menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Juni 2023.

  “Hari ini kami menggelar latihan adaptasi selama 45 menit, tidak terlalu lama. Awak tim sempat menggelar makan siang bersama di hotel sebelum latihan sore. Tempat latihannya, sangat representatif. Ada empat lapangan, kami bisa menggunakan dua di antaranya, buat pagi dan sore. Bahkan kita juga mendapatkan lapangan sintetis di lapangan latihan Borussia Monchengladbach,” kata Bima Sakti, melalui keterangan resmi yang didapat di Jakarta, Selasa.

  Latihan ringan itu, kata Bima, dilakukan pihaknya karena ia menilai para pemainnya masih kelelahan setelah perjalanan panjang dari Tanah Air.

  “Kondisi fisik pemain lelah, makanya kami menggelar latihan adaptasi agar bisa menghilangkan asam laktat mereka. Semoga besok latihan normal,” kata Bima.


Baca juga: Pemkot Surabaya siapkan event menarik sambut Piala Dunia U-17
  Pelatih muda 46 tahun itu juga mengatakan perihal cuaca di Jerman tidak terlalu mempengaruhi adaptasi para pemainnya.

  “Iklim tidak bermasalah, cuaca di sini sekitar 20-30 derajat celcius, tidak terlalu dingin. Pemain bisa cepat adaptasi,” ujar Bima.

  Selama pemusatan latihan di Jerman, timnas U-17 didampingi konsultan pelatih Frank Wormuth dan akan melakoni enam pertandingan uji coba melawan berbagai tim usia muda di Bundesliga untuk mematangkan persiapan di Piala Dunia U-17.

  “Merupakan kesempatan berharga buat Timnas U-17 bisa menggelar persiapan di sini, bisa menggelar uji coba melawan klub-klub Bundesliga. Kita bisa mencoba beberapa alternatif game plan kita, semoga bisa berjalan dengan lancar dan baik,” tutur Bima.

  Dalam kesempatan yang sama, saat tiba di Jerman, punggawa Garuda Muda juga menyempatkan melihat kandang Borussia Monchengladbach, Borussia Park.

  Bima mengatakan kesempatan tersebut merupakan hal yang langka dan menurutnya menjadi pengalaman yang bagus bagi para pemain-pemainnya.

Baca juga: Bima Sakti puas dengan kondisi fisik para pemain timnas U-17

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023