Kami melaksanakan Shalat Istisqa memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) agar diturunkan hujan yang berkah dan bermanfaat
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, bersama para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup pemerintahannya menggelar Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan untuk menghindari kekeringan panjang dan musibah lainnya, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pelaksanaan shalat sunah tersebut digelar di Lapangan Raden Arya Yudha Negara Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, pada Rabu.

"Kami melaksanakan Shalat Istisqa memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) agar diturunkan hujan yang berkah dan bermanfaat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid di Tangerang, Rabu.

Menurutnya, gelar shalat sunah tersebut merupakan bentuk ikhtiar dan doa untuk memohon kepada Sang Pencipta. Walaupun hujan sudah turun pada Selasa (19/9) di sebagian wilayah Tangerang. Namun kondisi kekeringan masih melanda 12 kecamatan dan 42 desa/kelurahan di kabupaten tersebut.

"Kami terus menangani kekeringan di 12 kecamatan, 42 desa/kelurahan yang masih kesulitan, air bersih kita kirim baik melalui Dinas Perkim, Perumdam TKR (Tirta Kerta Raharja), maupun BPBD," jelasnya.

Baca juga: MUI serukan warga Kabupaten Tangerang gelar shalat minta hujan

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat menjelaskan penanganan kekeringan yang melanda wilayahnya itu masih berjalan.

Setiap harinya, kata dia, tim BPBD, Perumdam TKR, dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) terus memantau kondisi lapangan dan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Adapun 12 Kecamatan yang mengalami kekeringan diantaranya adalah Kecamatan, Jambe, Kemeri, Mekar Baru, Balaraja, Cisauk, Legok, Gunung Kaler, Kosambi, Panongan, Jayanti, Pakuhaji dan Kecamatan Tigaraksa.

"Setiap harinya, setiap masyarakat yang meminta bantuan air bersih, kita kirim, seperti di Masjid Desa Pasir Bolang Kecamatan Tigaraksa," jelas Ujat.

Baca juga: Lahan pertanian terdampak kekeringan di Tangerang bertambah
Baca juga: BPBD siapkan truk tangki berisi 18.000 liter antisipasi kekeringan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023