Cianjur (ANTARA) - Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Samsat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menggelar operasi pemberitahuan jatuh tempo pajak dengan cara mendatangi sekolah yang ada di wilayah tersebut, sebagai upaya meningkatkan pendapatan pajak kendaraan.

Kepala P3DW Samsat Kabupaten Cianjur, Irvan N Firmansyah di Cianjur Rabu, mengatakan, pada operasi kali ini pihaknya menyasar tempat parkir kendaraan milik siswa dan guru di dua sekolah di pusat kota Cianjur dan didapati puluhan kendaraan roda dua belum membayar pajak.

Baca juga: Selasa, ini 14 Samsat Keliling di Jadetabek 

"Kendaraan yang belum membayar pajak akan dipasangi stiker peringatan dan jika satu bulan setelahnya belum juga membayar akan di layangkan surat. Untuk hari ini petugas mendatangi dua sekolah yang ada di Cianjur," katanya.

Dia menjelaskan, fasilitas pendidikan khususnya sekolah menjadi target dalam operasi pemberitahuan jatuh tempo pajak kendaraan bermotor melalui penempelan stiker pada kendaraan yang belum atau tidak membayar pajak.

Baca juga: Samsat Keliling Jadetabek ada di sini

Hasilnya dari dua sekolah yang didatangi petugas P3DW Samsat Kabupaten Cianjur, terdapat puluhan kendaraan bermotor roda dua yang ditempeli stiker khusus karena tidak membayar pajak, bulan depan pihaknya akan mengecek kembali di data base.

"Kami mengintensifkan pendapatan daerah Provinsi Jawa Barat agar tercapai target, terbukti pada anggaran perubahan target Pajak Kendaraan Bermotor naik lima persen dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor naik 11 persen," katanya.

Berdasarkan data hingga Januari 2023 terdapat 202.000 kendaraan bermotor roda dua, tiga dan empat yang menunggak pajak atau 43 persen dari total 472.000 kendaraan yang ada di Kabupaten Cianjur dengan nominal penunggak pajak sekitar Rp 170 miliar.

Baca juga: Bayar pajak bisa di Samsat Keliling Jadetabek

Setelah melakukan operasi dari Triwulan III hingga ke IV ada peningkatan pendapatan, bahkan Samsat Cianjur menempati posisi ke tiga terbesar se Jawa Barat untuk pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor dan BBNKB peringkat satu berdasarkan hasil evaluasi triwulan tiga.

"Kami berharap sebelum akhir tahun target pajak dapat tercapai dengan menggencarkan operasi ke berbagai lokasi di Cianjur," katanya.

Baca juga: Kamis, tersedia 24 lokasi Samsat Keliling di Jadetabek

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023