..sebuah komitmen untuk mempromosikan keindahan budaya Indonesia kepada dunia
Jakarta (ANTARA) - Merek fesyen Ende memperkenalkan produk berciri khas Indonesia ke mata dunia dengan tampil pada fashion show di Times Square, New York, Amerika Serikat pada pertengahan September ini.

"Mimpi kami, Ende dapat menjadi brand yang diakui di kancah internasional. Bahkan, Ende memiliki visi yang lebih luas. Ende bukan hanya sekedar brand, melainkan sebuah komitmen untuk mempromosikan keindahan budaya Indonesia kepada dunia," kata co-Founder Ende Novita Dewi dalam siaran resmi pada Rabu.

Novita menjelaskan, sebagai brand yang berfokus pada tas berkualitas tinggi, Ende menggabungkan kain khas tradisional Indonesia, kulit premium, dan keterampilan rancangan dan jahitan yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Tips memadukan korset dengan celana kargo untuk tampil beda

Dengan mengusung konsep ini, Ende berhasil menciptakan tas yang tidak hanya siap bersaing secara kualitas, tetapi juga mampu memancarkan keindahan dan keunikan budaya Indonesia.

"Ende memberi ruang bagi pengrajin lokal untuk berinovasi dan menunjukkan keahlian mereka, sehingga bisa terus berkembang dan berkontribusi dalam industri fashion Indonesia dan dunia,” kata Novita.

Adapun pada fashion show yang digelar di Times Square, New York, Ende menampilkan koleksi terbaru untuk para penikmat fashion yang hadir. Koleksi itu antara lain Mahadewi Archipelago, Garuda, Kelindan, Melasti, serta Arunika yang mendapatkan apresiasi hangat di tengah meriahnya Times Square.

Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira dan penyanyi Fitri Carlina terlihat mengenakan salah satu koleksi Ende saat menghadiri gelaran fashion show tersebut, yang menunjukkan bahwa Ende turut memfasilitasi style fashion anak muda.

“Sesuatu yang etnik seringkali identik dengan sesuatu yang tradisional, kami ingin melalui Ende, anak muda juga bangga menggunakan produk dengan sentuhan budaya," kata Co-Founder Ende, Bianca Victoria.

"Untuk itu, Ende dapat dikustomisasi sesuai dengan style setiap pelanggan, termasuk anak muda,” papar Bianca.

Bianca kemudian berharap, melalui langkah awal ini, produk-produk Indonesia dapat semakin dikenal dan diakui di tingkat dunia, serta memberikan dampak positif bagi pengrajin lokal dan budaya Indonesia secara keseluruhan.

Baca juga: Mulai tabung pita, bakal jadi tren rambut 2024

Baca juga: Tren warna tahun 2024 yang perlu diperhatikan untuk kulit sawo matang

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023