Kami menandatangani dengan BPKH, bagaimana daging Dam bisa sampai ke Indonesia dengan baik. Artinya BPKH akan menyiapkan dana kemaslahatan untuk pengiriman dari Saudi ke Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI teken nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) perihal penguatan pengelolaan daging Dam Haji Tamattu untuk penyelenggaraan haji 1445 Hijriah/2024.

"Kami menandatangani dengan BPKH, bagaimana daging Dam bisa sampai ke Indonesia dengan baik. Artinya BPKH akan menyiapkan dana kemaslahatan untuk pengiriman dari Saudi ke Indonesia," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam Rakornas Baznas RI di Jakarta, Rabu.

Noor mengatakan kerja sama ini demi memperkuat upaya yang telah dilakukan sebelumnya. Pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 Hijriah/2023, Baznas ditunjuk untuk mendistribusikan daging Dam petugas haji di Indonesia.

Untuk kali pertama, 3.000 daging kambing Dam petugas haji dikirim ke Tanah Air. Daging ini dikemas dalam 6.000 boks. Daging tersebut dikirim dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ukaisyah dengan peti kemas menggunakan jalur laut melalui pelabuhan di Jeddah, Saudi Arabia.

Baca juga: 3.000 ekor daging kambing dam jamaah haji dikirim ke Indonesia
Baca juga: Baznas raih penghargaan untuk penyaluran dam haji


Dengan adanya kerja sama ini, Noor berharap ke depan daging Dam yang bisa dibawa ke Indonesia bukan hanya berasal dari petugas haji, tetapi termasuk dari para peserta haji.

"Harapan kami nanti itu kalau ada 200 ribu daging kambing Dam yang bisa dikembalikan ke Indonesia, itu akan sangat luar bisa sekali," kata dia.

Ia meyakini organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan MUI, tidak akan keberatan jika daging Dam jamaah haji dibawa ke Indonesia untuk kemaslahatan masyarakat.

Menurut Noor, kehadiran daging Dam jamaah haji ini sangat penting untuk mengentaskan masyarakat stunting hingga persediaan makanan jika terjadi bencana di daerah.

"Itu arahnya ke sana. Ke depan kami akan memperkuat bagaimana realisasi kerja sama tersebut," katanya.

Baca juga: Munas NU rekomendasikan pemerintah bangun rumah potong hewan di Saudi

Baca juga: Kemenag survei ke RPH Arab Saudi untuk perbaikan tata kelola Dam haji
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023